Ilustrasi penderita diabetes boleh makan buah apa?
Ilustrasi penderita diabetes boleh makan buah apa? ( Shutterstock/BirdShutterB)

Berikut ini Cara Mencegah agar Buah Apel Tidak Berubah Warna

8 Oktober 2024 06:39 WIB

SonoraBangka.id - Saat memotong apel, seringkali daging buah yang awalnya berwarna krem dan sedikit kekuningan berubah menjadi kecoklatan, serta sedikit berkerut.  Apel berubah menjadi coklat setelah dikupas karena ada rangkaian reaksi biokimia bernama enzymatic browning (pencoklatan enzimatis). 

Dilansir dari Britannica, Senin (7/10/2024), ketika apel dikupas atau dipotong, jaringan buah tersebut terpapar oksigen sehingga memicu enzim polifenol oksidase (PPO) untuk mengoksidasi polifenol dalam daging apel.

Proses tersebut menghasilkan o-kuinon yang bereaksi dengan asam amino untuk menghasilkan zat melanin berwarna coklat. Adapun pencoklatan enzimatis tidak hanya terjadi pada apel, tapi juga pada pir, pisang, dan terong. 

Cara apel tidak berubah jadi coklat setelah dikupas 

Ada beragam cara untuk mencegah apel berubah jadi cokelat setelah dikupas atau dipotong, misalnya dengan merendamnya dalam jus lemon, campuran air dengan madu, atau air garam. 

Dikutip dari The Spruce Eats, merendam apel dalam air garam termasuk cara yang mudah. Pertama-tama, siapkan garam, air suhu ruangan, dan satu buah apel. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masukkan satu sendok teh garam untuk setiap 236 mililiter air, kemudian aduk agar garam larut. 

2. Potong apel sesuai selera. Apel yang dipotong tebal biasanya tidak cepat berubah kecoklatan.

3. Rendam apel dalam air garam selama sekitar 10 menit. Pastikan seluruh bagian apel terendam. Kemudian angkat dan keringkan menggunakan tisu dapur.

4. Setelah dikeringkan, apel bisa disajikan segera.

Jika ingin menyimpan potongan apel untuk dikonsumsi nanti, kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas, dikutip dari Real Simple. Caranya, masukkan potongan apel ke dalam wadah kedap udara, kemudian simpan di dalam kulkas. Hal ini membantu mencegah lebih banyak oksigen yang masuk sehingga apel bisa tahan sekitar hingga tiga hari. Tidak hanya itu, potonglah apel dalam ukuran besar agar tidak terlalu banyak bagian yang terpapar oksigen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagaimana Cara Mencegah agar Buah Apel Tidak Berubah Warna?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/07/120702775/bagaimana-cara-mencegah-agar-buah-apel-tidak-berubah-warna.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm