Ilustrasi semangka crimson sweet.
Ilustrasi semangka crimson sweet. ( Shutterstock/photoPOU)

Berikut ini 7 Cara Pilih Semangka yang Manis dan Matang

22 Oktober 2024 05:55 WIB

SonoraBangka.id - Memilih semangka adalah keterampilan penting, terutama pada musim pancaroba yang panas. Tidak ada yang lebih mengecewakan daripada memotong semangka yang tidak manis.

Namun, dengan beberapa tips sederhana, Anda dapat menghindari hal ini dan memastikan semangka yang Anda pilih selalu manis dan matang sempurna. Berikut adalah tips memilih semangka terbaik di pasar atau supermarket.

1. Periksa bercak pada kulit semangka

Bercak atau field spot adalah tanda besar berwarna kuning pucat atau oranye di kulit luar semangka. Makin kuning atau oranye warnanya, semakin manis semangka tersebut. Kuning krem atau oranye: Menandakan semangka yang manis dan penuh rasa. Putih atau kuning pucat: Mengindikasikan semangka yang kurang rasa, sebaiknya hindari yang seperti ini. 

2. Lihat batangnya jika di kebun

Jika Anda memilih semangka langsung dari kebun atau ladang, batangnya bisa menjadi indikator kematangan. Warisan Politik Joko Widodo Artikel Kompas.id Batang kering dan coklat kekuningan: Menunjukkan semangka sudah matang. Batang hijau: Menandakan semangka belum matang sempurna dan cenderung kurang manis.

3. Perhatikan pola garis

Semangka yang bagus biasanya memiliki pola garis yang kuat dan konsisten. Garis hijau harus terlihat gelap dan tegas, sementara garis pucatnya berwarna kuning lembut. Pola yang kontras menunjukkan buah yang matang dan penuh rasa. 

4. Ketuk semangkanya

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi mengetuk semangka bisa membantu menentukan apakah buah tersebut sudah matang. Ketuk bagian kulit semangka dan dengarkan suaranya. Suara dalam dan berongga: Menunjukkan buah berisi banyak air, biasanya sudah matang. Suara tinggi dan padat: Bisa berarti daging buah masih keras dan belum matang sepenuhnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm