Ilustrasi sate lilit khas Bali yang menggunakan bumbu base genep.
Ilustrasi sate lilit khas Bali yang menggunakan bumbu base genep. ( shutterstock/Ariyani Tedjo.)

Pakai Dada Ayam,Berikut Cara Buat Sate Lilit Supaya Dagingnya Melekat

22 Oktober 2024 06:04 WIB

SonoraBangka.id - Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang kerap dijumpai di berbagai hidangan, misalnya disantap dengan nasi campur bali. Pada dasarnya, sate lilit dibuat dari daging ayam yang dihancurkan, kemudian dilekatkan di batang serai. Tetapi, tahukah kamu ada trik khusus yang dilakukan supaya daging yang dilekatkan pada batang serai bisa melekat dan tidak copot.

Tips membuat sate lilit supaya melekat

Simak tipsnya dari Executive Chef The Upper Clift Resort & Cafe berikut, Oki Rakhmat berikut ini. Kata Oki, supaya daging sate lilit melekat pada batang serai, daging yang dipakai harus menggunakan daging ayam bagian dada. 

Meskipun sate lilit menggunakan daging ikan, campuran dagingnya harus melibatkan daging ayam. "Pakai dada ayam, kalau pakai bagian daging ayam yang lain, banyak lemaknya," kata Oki saat ditemui di The Upper Clift Resort & Cafe, Sentul, Kabupaten Bogor, Selasa (15/10/2024). 

Bila ingin mencampur daging ayam dengan daging ikan pada hidangan sate lilit, perbandingan takaran ikan dan ayam yaitu 70:30.  Setelah itu, aduk campuran daging dengan tepung maizena dan bumbu, lalu rekatkan pada batang serai, kemudian kukus sate lilit sekitar 30 menit di atas api sedang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Sate Lilit Supaya Dagingnya Melekat, Pakai Dada Ayam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/17/163100775/cara-membuat-sate-lilit-supaya-dagingnya-melekat-pakai-dada-ayam.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm