Ilustrasi tomat. Tomat yang dalam ilmu botani termasuk golongan buah dapat membantu menurunkan kolesterol.
Ilustrasi tomat. Tomat yang dalam ilmu botani termasuk golongan buah dapat membantu menurunkan kolesterol. ( FREEPIK/8PHOTO)

Senyawa Pentingnya Bisa Hilang, Jangan Simpan Tomat di Kulkas

22 Oktober 2024 06:08 WIB

SonoraBangka.id - Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Tomat mengandung flavonoid dan fitokimia lain yang memiliki sifat antikanker serta zat-zat menyehatkan lainnya. Selain itu, tomat juga diperkaya dengan berbagai nutrisi bermanfaat dan antioksidan, seperti asam alpha-lipoic, likopen, kolin, asam folat, beta-karoten, dan lutein. 

Namun, tahukah Anda bahwa cara penyimpanan tomat sangat memengaruhi kandungan nutrisinya? Banyak orang terbiasa menyimpan tomat di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa menyimpan tomat di dalam kulkas sebenarnya dapat merusak kualitasnya.

Tomat memiliki senyawa yang disebut volatile, yang berperan penting dalam menciptakan rasa manis alami dari campuran gula dan asam. Menyimpan tomat pada suhu di bawah sekitar 10 hingga 12 derajat Celsius menyebabkan senyawa volatile ini hilang. Suhu dingin juga dapat merusak membran sel di dalam tomat, yang membuat tekstur buah ini menjadi lembek. 

Para peneliti di Perancis menemukan bahwa tomat yang disimpan pada suhu sekitar 20 derajat Celsius tidak hanya mempertahankan senyawa volatile yang ada, tetapi bahkan terus menghasilkan lebih banyak. Sebaliknya, ketika tomat disimpan pada suhu lemari es, yaitu sekitar 4 derajat Celsius, senyawa ini mulai rusak, mengurangi rasa dan tekstur tomat.

Untuk menjaga rasa dan kualitas nutrisi tomat, sebaiknya simpan tomat di suhu ruangan, jauh dari paparan sinar matahari langsung. Ini akan membantu tomat tetap segar lebih lama dan mempertahankan rasa alami serta manfaat kesehatannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Simpan Tomat di Kulkas, Senyawa Pentingnya Bisa Hilang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/15/103100075/jangan-simpan-tomat-di-kulkas-senyawa-pentingnya-bisa-hilang.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm