SonoraBangka.id - Sebenarnya, di Indonesia tidak ada aturan khusus dalam memberikan tips setelah menerima sesuatu layanan.
Berbeda ketika menginap di hotel, pemberian tips ini sudah lebih lazim. Jumlahnya tentu saja sukarela.
Untuk ukuran hotel di Indonesia, rata-rata pemberian tips berkisar Rp20.000-Rp100.000.
Ada beberapa jenis pekerja hotel yang bisa diberikan tips dan perhatikan etikanya.
Room Service
Room service adalah pelayanan yang paling sering digunakan tamu saat menginap di hotel.
Untuk urusan pemesanan makanan ke kamar, setiap hotel aturannya berbeda-beda.
Ada yang sudah menambahkan 15% service dan ada yang tidak.
Bila tidak termasuk, bisa saja memberi tips pada pelayan yang mengantarkan makanan.
Housekeeping
Meskipun jarang bertatap muka langsung dengan petugas housekeeping, tidak ada salahnya memberi tips.
Bila ingin memberi tips, sebaiknya per hari karena petugas housekeeping selalu berbeda-beda.
Letakkan amplop tips di meja atau di dekat tempat tidur dan jangan lupa tuliskan “housekeeping”.
Bila uang hanya diletakkan di meja atau amplop, bisa disangka itu uang milik tamu yang menyewa kamar.
Bell boy
Bell boy bertugas membawakan koper tamu, mengambilkan barang atau hal-hal kecil lainnya.
Mereka termasuk yang sibuk dan tugasnya cukup berat.
Sebaiknya beri tips lebih banyak bila bell boy membantu mengambilkan barang sampai lebih dari satu kali.
Apalagi kalau mereka membawa barang yang berat dan banyak.
Concierge
Pegawai hotel yang bertugas paling di depan dan paling pertama bertemu tamu adalah concierge.
Tugasnya memberi informasi dan membantu reservasi. Misalnya memesan taksi, booking tiket, atau reservasi hotel.
Di hotel bintang lima mereka bisa juga mencarikan satu barang atau keperluan urgent lainnya.
Bila concierge membantu untuk perkara yang pelik dalam waktu cepat, sebaiknya berikan tips yang layak.
Penjaga pintu atau valet
Selalu ada fasilitas valet untuk tamu hotel yang membawa kendaraan pribadi.
Mereka membantu tamu memarkirkan mobil. Untuk jasa ini bisa berikan tips Rp20.000-Rp 50.000.
Sedangkan penjaga pintu, tugasnya kadang tidak hanya membukakan pintu.
Sering juga memanggilkan taksi, memasukkan dan menurunkan barang dari kendaraan.
Semoga bermanfaat ya!
Artikel ini telah terbit di https://www.kabarbumn.com/ragam/115325705/mau-beri-tips-untuk-pekerja-hotel-ini-etika-yang-perlu-diperhatikan?page=2