Ilustrasi sayur bening bayam plus potongan jagung. Makanan ini merupakan kesukaan Jokowi
Ilustrasi sayur bening bayam plus potongan jagung. Makanan ini merupakan kesukaan Jokowi ( (SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES) )

Ulang Tahun Jokowi, Ini Masakan Rumahan Ala Indonesia Kesukaan Jokowi

21 Juni 2020 15:02 WIB

SonoraBangka.id - Hari ini (21/6/2020) Presiden  Jokowi  berulang tahun yang ke-59. Jokowi  lahir di Solo, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Di Solo, Jokowi punya beragam tempat kuliner favorit . Mulai dari Ayam Goreng Mbak Karto sampai dengan  Timlo Maestro.  Jokowi juga suka menyantap makanan ala rumahan Indonesia.

Dari video Youtube berjudul "Cerita dari Dapur Presiden", diketahui Jokowi mewawancarai koki yang setia menemani dirinya sejak 2013 Tri Supriharjo, . "Bapak itu, yang saya tahu selama ini itu orangnya sederhana sekali. Makanan juga seperti itu," kata Tri.

Menurut Tri, Jokowi biasanya makan masakan rumahan seperti sup ayam, sayur bening bayam, tumis pepaya muda, dan tumis oseng tempe. Juga mi ketoprak dan soto kuning. Sementara itu, tempe dan tahu adalah lauk yang selalu ada di meja makan Jokowi.  Ada juga teri medan goreng yang menjadi favoritnya.


Nasi dalam kondisi panas juga jadi hidangan wajib ketika Jokowi bersantap. Camilan ala rumahan kesukaan Jokowi adalah singkong goreng, jagung rebus, bakwan jagung, bakwan sayur, dan lento (ketela parut dicampur kelapa dan digoreng). Untuk minuman,  Jokowi suka teh pahit dan jamu temulawak, kunyit, serta jahe. Jamu tersebut biasa diminum pagi hari. Tri juga membuatkan jus buah setiap hari saat pagi dan sore. Terkadang Jokowi minum jus kedondong.


Selain masakan rumahan, terdapat beragam tempat kuliner khas Solo yang biasa dikunjungi Jokowi saat berada di kampung halaman. Di antaranya Ayam Goreng Mbah Karto yang merupakan berisi nasi putih, sayur urap, lalapan, dan sambal. Sambal blondho khas Mbah Karto adalah makanan kesukaan Jokowi.

Ada juga Gudeg Mbak Yus yang punya hidangan andalan gudeg ceker yang bisa disajikan dengan nasi atau bubur. Selanjutnya, Sate Kere Mbak Tug. Tugiem, sang pemilik, mengatakan bahwa Jokowi sering menyantap babat dan tetelan (sisa daging yang melekat pada tulang). Selain itu, Jokowi juga suka bersantap di Soto Triwindu, Timlo Maestro, Sate Kambing Bu Hj. Bejo, dan tempat kuliner di Solo lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Ulang Tahun, Intip Makanan Rumahan Kesukaan Jokowi", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/21/123255375/jokowi-ulang-tahun-intip-makanan-rumahan-kesukaan-jokowi?page=all#page2.


 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm