Ilustrasi
Ilustrasi ( Gridoto.com)

Lampu Motor Cahaya Kuning, Ini Kelebihan dan Kelemahannya

26 Juni 2020 15:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Umumnya, sepeda motor standar pabrik yang masih memakai bohlam dan belum menggunakan lampu LED masih memiliki pendar cahaya kekuningan.

Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani mengungkapkan, pendar lampu kekuningan punya keunggulan dan kelemahan tersendiri jika di lihat dari kacamata safety riding.

"Untuk lampu kekuningan kelebihannya adalah dapat menembus cahaya saat melewati jalan berkabut sehingga kita menjadi lebih aman, beda dengan lampu berwarna putih yang tidak dapat menembus saat cuaca kabut," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Adapun kekurangannya, intensitas lampu kekuningan biasanya kurang terang dibandingkan dengan lampu berwarna putih.

Karena itu tak sedikit, pengguna motor mengganti lampu dengan HID atau LED agar lebih terang. 

Baca Juga: Sokbreaker Yang Rusak Bisa Menyebabkan Ban Jadi Aus Sebelah

Marco, Koordinator Autovision, mengatakan, cahaya putih memang bisa membuat tampilan kendaraan terlihat mewah, tapi lemah untuk menembus derasnya guyuran hujan dan kabut.

Efeknya, visibilitas pengendara pun akan menurun drastis yang membuat pandangan menjadi silau.

"Sifat buruk dari cahaya putih yang terlalu besar bisa memantulkan pancaran seperti cermin. Saat sedang diguyur hujan atau kabut, cahaya tersebut justru mantul ke arah pengendara yang bikin visibilitas menjadi tidak jelas karena silau," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kelemahan dan Kelebihan Lampu Motor Cahaya Kuning", https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/26/142200215/kelemahan-dan-kelebihan-lampu-motor-cahaya-kuning.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm