ilustrasi starter electric di sepeda motor . (motorcycle)
ilustrasi starter electric di sepeda motor . (motorcycle) ( kompas.com)

Motor Yang Sulit Distarter Bisa Beragam Penyebabnya

5 Juli 2020 18:05 WIB

SonoraBangka.ID - Pada umumnya saat ini, Motor baru keluaran pabrikan sudah menggunakan komponen elektrik starter, di mana pemilik kendaraan hanya perlu tinggal pencet tombol untuk menyalakan sepeda motor tanpa harus menggunakan kick starter.

Meski begitu, kadang - kadang pemilik kendaraan yang mengeluhkan motor tidak kunjung menyala walau tombol starter sudah ditekan berkali-kali.

Saat kondisi ini terjadi, biasanya pemilik kendaraan langsung menebak hal tersebut terjadi karena adanya permasalahan pada komponen aki atau accu. Tapi sebenarnya, ada beberapa penyebab starter elektrik sulit menyalakan mesin.

Motor yang sulit distarter bisa beragam penyebabnya, demikian dikatakan Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi. Jadi, apa saja penyebabnya?

1. Aki

Pertama adalah komponen aki. Aki yang sudah lemah tidak akan mampu menyuplai listrik dengan maksimal.

“Cara mengetahuinya dengan menekan tombol klakson, atau lampu sein. Kalau tidak berfungsi maksimal sudah dipastikan akinya soak,” kata  Ribut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/7/2020).

Adapun Minimal daya aki yang dibutuhkan untuk memutar kruk as adalah 11 volt, di bawah itu tidak akan bekerja secara maksimal.

2. Masalah pada kabel

“Penyebab kedua yaitu adanya kerusakan pada komponen kabel dan soket di dalam bodi motor. Umunya kerusakan ini disebabkan karena korsleting atau putus karena gigitan tikus,” kata Ribut.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm