SonoraBangka.ID - Pada umumnya saat ini, Motor baru keluaran pabrikan sudah menggunakan komponen elektrik starter, di mana pemilik kendaraan hanya perlu tinggal pencet tombol untuk menyalakan sepeda motor tanpa harus menggunakan kick starter.
Meski begitu, kadang - kadang pemilik kendaraan yang mengeluhkan motor tidak kunjung menyala walau tombol starter sudah ditekan berkali-kali.
Saat kondisi ini terjadi, biasanya pemilik kendaraan langsung menebak hal tersebut terjadi karena adanya permasalahan pada komponen aki atau accu. Tapi sebenarnya, ada beberapa penyebab starter elektrik sulit menyalakan mesin.
Motor yang sulit distarter bisa beragam penyebabnya, demikian dikatakan Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi. Jadi, apa saja penyebabnya?
1. Aki
Pertama adalah komponen aki. Aki yang sudah lemah tidak akan mampu menyuplai listrik dengan maksimal.
“Cara mengetahuinya dengan menekan tombol klakson, atau lampu sein. Kalau tidak berfungsi maksimal sudah dipastikan akinya soak,” kata Ribut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/7/2020).
Adapun Minimal daya aki yang dibutuhkan untuk memutar kruk as adalah 11 volt, di bawah itu tidak akan bekerja secara maksimal.
2. Masalah pada kabel
“Penyebab kedua yaitu adanya kerusakan pada komponen kabel dan soket di dalam bodi motor. Umunya kerusakan ini disebabkan karena korsleting atau putus karena gigitan tikus,” kata Ribut.
3. Dinamo starter
Kerusakan pada dinamo starter ini memang jarang terjadi karena komponen tersebut didesain memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Umumnya, usia pakai pada kendaraan yang mempengaruhi kinerja dinamo starter.
Kalau sudah mengalami kerusakan, pemilik kendaraan bisa melakukan servis ke spesialis dinamo atau mengganti dengan yang baru.
“Untuk proses penggantian sebaiknya dilakukan dibengkel resmi oleh mekanik handal, sebab jika tidak dipasang sempurna, kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada bagian lainnya. ” kata Ribut.
4. Busi lemah
Komponen lain yang bisa menjadi penyebab motor sulit distarter adalah busi yang sudah lemah.
“Busi yang usang memiliki waktu yang lebih sulit untuk menciptakan pecikan api. Jadi, jika kepala busi (elektroda) sudah aus dan kotor, maka percikan api juga pasti lemah,” kata Ribut.
5. Kebocoran kompresi
Untuk motor yang masih memiliki kick starter, Adapun cara mengeceknya adalah dengan melepas busi, lalu tutup lubang busi dengan ibu jari.
“Kemudian lakukan starter menggunakan kick starter. Kalau tekanan pada kick starter terasa los, berarti ada kebocoran di kompresi motor, bisa dikarenakan klep-nya bocor atau ring pistong dengan dinding silinder ada kebocoran juga.” demikian kata Ribut.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Cuma Masalah Aki, Ini Penyebab Lain Motor Sulit Distarter", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/05/124100715/bukan-cuma-masalah-aki-ini-penyebab-lain-motor-sulit-distarter?page=all#page2.