Ilustrasi sakit GERD
Ilustrasi sakit GERD ( Shutterstock.com )

Benarkah Gerd Bisa Picu Asma Kambuh ? Berikut Tindakan Pencegahannya .

11 Juli 2020 08:52 WIB

 

SonoraBangka.id - Gerd adalah kondisi naiknya (refluks) asam lambung dari perut ke kerongkongan secara kronis.

Gastroesofageal Reflux Disease (Gerd) dan serangan asma ternyata saling berkaitan.

Refluks asam terjadi karena katup di ujung kerongkongan, tepatnya di bagian sfingter esofagus bagian bawah, tidak menutup saat makanan sampai di perut.

Akibatnya, asam lambung mengalir kembali melalui kerongkongan ke tenggorokan. Penderitanya pun bisa sampai merasakan rasa asam di mulut.

Dokter spesialis paru dan pernapasan, Dicky Soehardiman menjelaskan, itu terjadi karena refluks asam lambung dapat menimbulkan rangsangan ke laring sehingga menyebabkan asma kambuh.

"Harusnya tidak ada, tapi pada pasien Gerd, kekambuhan asma akan bisa muncul dicetuskan oleh Gerd," kata Dicky dalam webinar bersama Eka Hospital Bekasi, Kamis (9/7/2020).

Jika Gerd yang Anda alami memicu asma kambuh, maka cara pencegahannya adalah mengontrol gejala asam lambung dengan perubahan gaya hidup.

Mulai dari mencegah berat badan terus bertambah hingga mengubah kebiasaan buruk ketika makan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm