Ilustrasi minuman jahe lemon
Ilustrasi minuman jahe lemon ( Udra)

Mitos Atau Fakta, Campuran Lemon dan Jahe Bisa Mengecilkan Perut Buncit?

17 Juli 2020 08:38 WIB

 

 

SonoraBangka.id - Perut buncit sangat tidak enak dipandang mata, selain itu juga banyak menyimpan bebrbagai  resiko masalah kesehatan. Maka dari itu banyak orang ingin menghilangkan tumpukan  lemak di perutnya.

Kita tahu bahwa larutan air lemon dan jahe telah menjadi resep warisan turun temurun untuk mengecilkan perut buncit. Tapi, apakah cara ini memang manjur atau hanya cerita semata?

Perut buncit terjadi ketika lemak terlalu banyak menumpuk di area perut dan sekitar pinggang. Penumpukan lemak perut ini bisa disebabkan oleh pola makan tinggi karbohidrat, kolesterol, dan lemak, peningkatan hormon stres kortisol, hingga kurang olahraga. Perut buncit juga bisa dipicu oleh konsumsi alkohol berlebihan, sehingga tak heran jika sering disebut dengan beer belly atau perut bir.

Sementara itu kita tentu sudah tidak asing dengan Lemon dan Jahe.  Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki antioksidan. Sementara Jahe adalah rempah-rempah terkenal yang banyak digunakan dalam memasak dan pengobatan.

Lemon memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan pemicu sembelit. Logikanya, semakin banyak sisa makanan yang mengeras menumpuk di usus, semakin bobot badan bertambah.  Lemon banyak dipakai sebagai salah satu bahan alami penurun berat badan karena dipercaya membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme, semakin cepat dan banyak simpanan lemak yang dibakar.

Lemon merupakan sumber makanan yang amat rendah kalori sehingga tidak akan memicu kenaikan berat badan, karena sifat asamnya justru membantu meredam rasa lapar.

Begitu pula dengan jahe. Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta membakar lemak, sehingga membantu mengurangi nafsu makan.

Dr. Len Kravitz dalam artikel Biological and Pharmaceutical Bulletin menyatakan bahwa jahe dapat menekan produksi hormon kortisol.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm