Ilustrasi sarapan sehat
Ilustrasi sarapan sehat ( Foxys_forest_manufacture )

Kapan Waktu Sarapan Yang baik Untuk Kita ?

17 Juli 2020 09:39 WIB

SonoraBangka.id - Sarapan tak hanya sekedar mengisi bahan bakar hingga kenyang saja. Sarapan sehat seharusnya dapat memenuhi sebanyak 25 sampai 30% dari total angka kebutuhan gizi (AKG) yang diperlukan setiap harinya. Oleh karena itu kebutuhan zat gizinya harus terpenuhi, karena selain otak, tubuh sangat membutuhkan energi untuk bekerja dan energi tersebut tidak diperoleh bukan hanya dari karbohidrat, melainkan juga dari protein, lemak, air dan serat.

Jika berbicara mengenai soal sarapan, lalu bagaimana dengan waktunya? Adakah waktu sarapan yang dianggap lebih ideal?

Waktu terbaik sarapan adalah dalam dua jam setelah bangun tidur. Menurut para pakar, waktu ini baik untuk metabolisme tubuh kita. Banyak orang menahan rasa laparnya cukup lama setelah bangun tidur, dan pada akhirnya sarapan terlalu siang. Atau sengaja menunda sarapan karena kesibukan yang padat di pagi hari. Ternyata kebiasaan ini sangat tidak sehat.

Pilihlah sarapan ringan seperti pisang atau roti panggang dengan alpukat, setidaknya setengah jam sebelum berolahraga, jika kamu terbiasa olahraga di pagi hari. Namun, jika sarapan justru berdampak pada performa olahraga dan performamu lebih baik ketika perut kosong, maka kamu bisa makan sarapan setelah sesi olahraga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm