Ilustrasi gelas ukur tepung.
Ilustrasi gelas ukur tepung. ( Dok. Shutterstock/PureRadiancePhoto)

7 Langkah Cara Mengukur Tepung Yang Tepat Agar Ukuran Bahan Sesuai

20 Juli 2020 14:47 WIB

SonoraBangka.id - Resep kue dan roti yang berasal dari situs asing  seringkali menggunakan ukuran cup untuk bahan-bahanya terutama untuk ukuran tepung. Bagi sebagian orang, ukuran itu akan lebih simpel sebab kamu hanya perlu cangkir ukur (measuring cup). Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan cangkir ukur agar ukuran bahan sesuai dan hasil masakan bagus. Dilansir  dari The Spruce Eats Berikut ini cara tepat mengukur tepung:

1. Memang lebih baik menggunakan timbangan

Tanpa takaran atau ukuran yang tepat, hasil roti atau kue yang diolah bisa berakhir bantat karena jumlah tepung yang ditambahkan bisa jadi terlalu banyak. Sebagian besar kesalahan yang  tanpa disadari dalam membuat roti di rumah salah satunya salah  mengukur jumlah tepung.  Pada akhirnya, sebaiknya kamu menggunakan ukuran timbangan daripada cangkir ukur (measuring cup) untuk membuat kue.

2. Jangan disendok langsung dari wadah tepung

Mengambil tepung langsung dari wadah atau kemasan tepung dengan cangkir ukur  merupakan cara yang salah dalam mengukur tepung. Hal ini akan membuat tepung jadi padat dalam cangkir dan jumlahnya berlebih. Jika tepung sudah lama disimpan di dalam wadahnya,  aduk terlebih dahulu agar tepung lebih ringan dan tak menggumpal. Lalu sendok perlahan tepung ke dalam gelas ukur, kemudian ratakan.

3. Mengukur tepung tanpa diratakan

Secangkir tepung yang diukur dengan benar harus memiliki berat 125 gram. Permukaan tepung pada gelas ukur yang tidak diratakan jumlahnya menjadi 150 gram. Jumlah tersebut lebih banyak 20 persen daripada yang seharusnya. Kue atau roti yang terbuat dari tepung sebanyak itu akan menjadi keras atau bantat, saus akan terlalu kental, dan kulit pie akan rapuh dan kering.

4. Jangan gunakan gelas minum

Kamu perlu gelas ukur khusus yang dibuat untuk mengukur bahan kering agar dapat mengukur tepung dengan benar,. Jangan gunakan cangkir kopi atau gelas minum.

5. Jangan sengaja memadatkan tepung

Sendokkan tepung ke dalam cangkir ukur (measuring cup) sampai ke bagian atas. Jangan sengaja mengetuk cangkir ke meja dan menekan tepung yang ada di dalam cangkir ukur dengan menggunakan sendok.

6. Ratakan tepung yang menggunung

Sapukan pisau di atas cangkir ukur untuk menghilangkan tepung yang berlebih. Gunakan pisau makan pada bagian yang tidak bergerigi.

7. Berat tepung yang diukur dengan benar

Selama takaran kamu beda 5 gram dari 125 gr yang diperlukan dalam resep, ukuran tersebut sudah cukup akurat untuk menghasilkan kue yang baik. Variasi jenis tepung memiliki jumlah berat yang berbeda. Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan timbangan ketimbang cangkir ukur. Jam terbang membuat kue dan roti juga perlu, agar keterampilan mengukur tepung semakin terasah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Ukur Tepung yang Akurat untuk Bikin Roti dan Kue", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/19/220700175/7-cara-ukur-tepung-yang-akurat-untuk-bikin-roti-dan-kue?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm