Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah, memberikan imbauan agar masyarakat terhindar dari aksi kriminalitas saat Apel Pagi di Mapolres, Senin (20/7/2020)
Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah, memberikan imbauan agar masyarakat terhindar dari aksi kriminalitas saat Apel Pagi di Mapolres, Senin (20/7/2020) ( Ist/ Polres Bangka Barat)

Kapolres Bangka Barat Berikan Tips Agar Terhindar Dari Aksi Kriminal di Jalan

20 Juli 2020 16:22 WIB

SonoraBangka.ID - Kapolres Bangka Barat, AKBP Ferdiansah mengimbau masyarkat untuk lebih waspada agar terhindar dari tindak kriminal atau kejahatan di jalan yang dalam bahasa lebih dikenal dengan istilah curas (pencurian dengan kekerasan) pada saat apel pagi di Mapolres Bangka Barat, Senin, (20/07/2020).

Fedriansah meminta warga menghindari tempat tempat yang sepi karena pelaku kejahatan rawan melakukan aksinya pada tempat-tempat yang sepi.

Selain itu, penjahat juga sering mengunakan modus meletakan paku di jalan dalam mencari mangsanya.

"Kalau memang sepi, lebih baik pengendara jalan terus tunggu ada tempat dimana ada pertolongan ke rumah penduduk supaya tidak ada ruang bagi para pelaku kejahatan," imbau Ferdiansah.

Berikut beberapa tips yang disampaikan oleh Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah SIK agar terhindar dari Curas:

Pertama, upayakan senantiasa berdoa saat hendak keluar rumah.

"Mudah-mudahan diberikan keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan kita," kata Ferdiansah.

Kedua, hindari tempat sepi karena menurutnya, pelaku kejahatan sering melakukan aksinya pada tempat-tempat yang sepi.

Ketiga, penjahat sering menggunakan modus menyebar paku dan melempar telur ke kaca mobil agar pengendara berhenti, maka harus tetap waspada.

"Penjahat sering menggunakan modus meletakan paku di jalan agar para pngendara mengalami bocor ban dan kadang melempar telur ke kaca mobil dengan harapan pengemudi mengaktifkan pembersih kaca sehingga nantinya kalau itu diaktifkan pecahan telur akan melabar dang pengemudi akan berhenti dan keluar. Pada saat itulah pelaku akan beraksi," tutur Kapolres.

Keempat, berteriak atau membunyikan klakson jika mengalami tindak kejahatan untuk mengundang perhatian warga sekitar, sehingga cepat mendapatkan pertolongan.

"Terakhir, hubungi kepolisian terdekat apabila terjadi sesuatu yang berkaitan dengan kejahatan, ingat kejahatan bukan hanya niat pelaku tetapi juga kesempatan selalu tingkatkan kewaspadaan anda setiap beraktifitas," pungkas Kapolres Bangka Barat.

SumberPolda Babel
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm