Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan (KOMPAS.com/Ruly)
Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan (KOMPAS.com/Ruly) ( )

Tidak Boleh Sembarang Dalam Mengganti Lampu Pada Mobil

21 Juli 2020 20:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Supaya terasa lebih keren, Pemilik mobil terkadang memutuskan untuk mengganti atau melakukan modifikasi lampu. Misalnya, memasang LED karena lampu utama atau headlamp sebelumnya masih menggunakan model biasa.

Tapi, perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak boleh sembarang dalam mengganti lampu pada mobil. Kejadian terburuk, dapat menyebabkan kondisi yang fatal seperti terjadi korsleting hingga kebakaran.

Sapta Agung Nugraha, sebagai Service Head Auto2000 Bekasi, menyarankan, Untuk pemilik kendaraan yang mau melakukan ubahan supaya lampu mobil menjadi keren, sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau spesialis lampu yang sudah terpercaya secara kualitas.

“Pemasangan aksesori elektronik tidak bisa sembarangan karena apabila salah wiring, bisa menyebabkan komputer pada mobil mengalami malfungsi. Aki pun menjadi drop bahkan beberapa sensor menjadi malfungsi,” demikian dikatakan Sapta saat dihubungi Kompas.com.

Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan konsultasi pada orang yang tepat atau ahli dalam hal modifikasi lampu, agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat merugikan diri sendiri.

“Kalau konsultasi ke mekanik kami (Auto2000) juga bisa karena mereka memiliki pengetahuan yang cukup tinggi untuk urusan mobil,” kata Sapta.

Jadi, menurut Sapta, jika ingin mengganti lampu sebaiknya pertimbangkan lagi dan pastikan tempat atau bengkelnya punya rekam jejak atau kualitas bagus dalam hal modifikasi lampu mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat Ganti Lampu Mobil Ada Aturannya", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/20/194149915/ingat-ganti-lampu-mobil-ada-aturannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm