( Ist / DKPus Provinsi Babel)

Ikuti Tiga Webinar Dalam Sehari, Pegawai DKPUS Diharapkan Dapat Memperkuat Peran Perpustakaan Umum

22 Juli 2020 12:01 WIB

SonoraBangka.id - Para pegawai di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (21/7/20) terlihat sangat sibuk.

Hal ini disebabkan, dalam sehari, pegawai DKPUS yang dipimpin langsung Kepala DKPUS Babel, Dr. Asyraf Suryadin mengikuti tiga web seminar (webinar) langsung dari Kantor DKPUS Babel, Jalan Jenderal Sudirman Pangkalpinang, atau di Gedung Ekskantor Gubernur Babel.

Webinar pertama berkenaan dengan pendataan perpustakaan tahun 2020, webinar atau bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi Komunikasi (SPP-TIK) Layanan Perpustakaan untuk Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2020, serta webinar sosialiasi tentang pengawasan kearsipan.

Yang kedua, webinar pendataan perpustakaan tahun 2020 yang diadakan oleh perpustakaan nasional membahas tentang kasus pendataan data perpustakaan yang terjadi di seluruh provinsi.

Webinar ketiga, berkenaan dengan pengawasan kearsipan memaparkan implementasi kebijakan pengawasan kearsipan daerah tahun 2020.

Dr. Asyraf Suryadin selaku Kepala DKPUS Babel dalam sambutannya di pembukaan webinar bimtek SPP dan TIK layanan perpustakaan menjelaskan, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan bagian dari program prioritas nasional, dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi guna mewujudkan Indonesia maju.

Terkait hal tersebut, harapannya adalah muncul kerja sama dan sinergi dengan berbagai stakeholder yang ada di Babel, untuk mendukung perluasan program pengembangan perpustakaan di Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah.

Dari bimtek ini, Kepala Dinas Dr. Asyraf Suryadin berharap dapat membangun kapasitas staf perpustakaan, guna melakukan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, dan dapat menyusun rencana atau program kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam situasi kenormalan baru.

"Saya berharap kawan-kawan kabupaten/kota bisa mengikuti bimtek ini hingga akhir, dan bisa mempertajam keinginan pusat dalam hal ini perpusnas, sehingga nanti program-programnya hingga ke desa dapat dirasakan oleh masyarakat," ungkapnya.

Untuk webinar pengawasan kearsipan, menurutnya, ini penting diikuti arsiparis serta ASN di lingkungan DKPUS Babel, agar mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam pengawasan baik yang ada di DKPUS Babel maupun pengawasan ke DKPUS di kabupaten/kota.

SumberDKPUS Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm