dinding ban sobek (Kompas.com/Fathan Radityasani)
dinding ban sobek (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Ketahui Kebocoran Ban Mobil Yang Tidak Bisa Lagi Untuk Diperbaiki

30 Juli 2020 07:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Keadaan sekarang ini adalah sudah memasuki kenormalan baru, sebagian besar sudah kembali menggunakan mobilnya untuk kegiatan sehari-hari. Ingat lagi kalau di jalanan, apapun bisa terjadi, misalnya seperti ban terkena paku sampai bocor.

Sepanjang kondisi ban masih bagus, ban yang bocor bisa diperbaiki dengan cara ditambal. Tapi bagi yang apes, ada kebocoran ban yang tidak bisa lagi untuk diperbaiki.

Zulpata Zainal, sebagai On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengatakan posisi bocor yang tidak bisa ditambal lagi yaitu ada pada bagian ban yang menempel di pelek atau disebut bead.

“Kalau bagian bead nya sudah rusak atau koyak dan untuk dimensi tertentu lubang bocor ban besar sekali, itu tidak bisa diperbaiki lagi,” demikian dikatakan Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Seia sekata dengan Zulpata, Country Manager Indonesia & Philippines Tech International (SE Asia) Ltd., produsen Tech Tire Repair, Unggul Kusumanto mengatakan, kebocoran pada dinding ban masih bisa diperbaiki selama tidak dekat dengan posisi bead.

“Kebocoran yang tidak bisa diperbaiki itu kalau bocornya dekat dengan bead. Posisi bead yaitu ditarik ke atas sebesar 40 mm dari ujung pelek, kalau di atas itu posisi lukanya, masih bisa diperbaiki,” kata Unggul kepada Kompas.com.

Selain itu, kebocoran pada dinding dan telapak ban juga ada syarat besar lukanya, masih bisa diperbaiki atau tidak. Sebagai contoh untuk luka di dinding ban, Maksimal lebarnya 25 mm dan panjangnya 50 mm. Kalau di telapak ban, diameter maksimal dari bocornya 25 mm.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Kebocoran Ban Mobil yang Tidak Bisa Ditambal Lagi", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/28/193100915/ini-kebocoran-ban-mobil-yang-tidak-bisa-ditambal-lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm