Ilustrasi Mencuci Daging
Ilustrasi Mencuci Daging ( Shutterstock/Halfpoint)

Sebelum Diolah, Berikut Cara Membersihkan Daging Sapi Yang Benar

30 Juli 2020 07:53 WIB

SonoraBangka.id - Kamu perlu membersihkan dengan baik sebelum mengolah daging sapi. Daging sapi tak memerlukan proses pencucian dengan air berbeda dengan daging ayam misalnya. Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo pada Kompas.com menyampaikan “Sebaiknya daging sapi tidak dicuci atau dibersihkan dengan air karena justru akan menjadikan daging itu mengkerut,”.

Membersihkan daging seperti yang disarankan Prasetyo dengan cara dilap dengan kertas tisu yang biasa kamu gunakan di dapur. Lap kotoran dan sedikit darah yang biasanya tersisa di permukaan daging. Setelah itu, istirahatkan sebentar selama beberapa menit lalu segera dimasak.

Cara simpan daging mentah dalam freezer

Kamu juga bisa menyimpannya lebih dahulu ke dalam freezer jika kamu tak mau langsung mengolah daging yang sudah dibersihkan dengan tisu dapur,. Simpan daging yang sudah dilap dengan tisu dapur dalam wadah kedap udara atau plastik kedap udara. Setelah itu langsung simpan di freezer. Daging yang dibungkus dengan baik bisa awet hingga enam bulan.

Kamu harus melakukan proses pencairan atau thawing terlebih dahulu jika kamu ingin menggunakan daging beku tersebut, Proses thawing sebaiknya dilakukan di chiller dengan suhu 0-5 derajat celsius. “Biarkan prosesnya secara natural. Itu yang bagus, hanya lama. Misalnya buat masak besok, hari ini kita keluarkan dan taruh di chiller,” papar Yogie. “

Ada cara lain dengan running water atau air keran. Air keran dibuka, air akan merendam daging. Biasanya seperti itu di rumah tangga biar cepat prosesnya,” lanjutnya. Namun jika menggunakan proses yang melibatkan air, maka kamu harus mengolah daging secepat mungkin agar kondisi daging tetap segar. Daging tersebut harus dimasak dalam kurun waktu maksimal dua jam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bersihkan Daging Sapi yang Benar, Jangan Salah Langkah", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/29/220200775/cara-bersihkan-daging-sapi-yang-benar-jangan-salah-langkah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm