Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Oatmeal Makanan Sehat Setelah Banyak Makan Daging Pada Momen Idul Adha

3 Agustus 2020 14:26 WIB

SonoraBangka.id - Setelah tiga hari pesta menyantap daging sapi dan kambing pada momen Idul Adha sudah lewat. Setelah menyantap daging, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan sehat. Cobalah menyantap oatmeal bagi kamu yang ingin menurunkan kolesterol. Oaameal juga punya banyak manfaat selain menurunkan kolesterol, seperti yang dikutip dari TribunTravel berikut ini:

1. Menurunkan kolesterol

Dikutip dari ANTARA menurut Harvard Medical School, oat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Jumlah konsumsi yang direkomendasikan adalah satu mangkuk oatmeal setiap hari ditambah pisang atau stroberi untuk serat tambahan. Pedoman nutrisi saat ini, direkomendasikan untuk konsumsi serat 20-35 gram serat per hari.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Apapun bentuknya oatmeal, mereka sama-sama memiliki kandungan kaya serat yang baik untuk pencernaan. Saat mengonsumsi oatmeal, dia akan berfungsi seperti jaringan spons dalam tubuh untuk menyerap air yang memudahkan bergerak melewati saluran pencernaan. Jadi pencernaanmu tidak akan tersumbat dan kamu bisa buang air secara teratur, dengan begitu saluran pencernaanmu akan semakin sehat dan tidak mengalami penyumbatan.

3. Membuat kenyang lebih lama

Oatmeal bisa berfungsi sebagai jaringan spons yang bisa menyerap air dan cairan lain dalam tubuh. Selain itu, oatmeal juga bisa mengalami pelebaran di dalam tubuh yang ukurannya bisa menjadi besar dua kali lipat dari ukuran sebelumnya. Hal ini bisa membuat tubuhmu merasa kenyang lebih lama karena oatmeal mengisi seluruh ruang dalam lambung. Dengan begitu kamu bisa tahan beberapa jam kedepan untuk menikmati sajian makan berikutnya.

4. Menurunkan berat badan

Oleh karena oatmeal bisa membuatmu kenyang lebih lama, maka hal ini juga akan berpengaruh pada rasa lapar berikutnya. Biasanya setelah memakan oatmeal kamu akan langsung kenyang dan sedikit kemungkinan jika ingin memakan camilan. Sehingga hal ini bisa membantumu untuk menurunkan berat badan karena tidak terlalu sering makan. Peneliti luar negeri telah membuktikan adanya seseorang yang mengonsumsi oatmeal dan berjalan-jalan selama 15 menit bisa menurunkan hingga 1 pon lemak selama seminggu.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Gandum murni pada oatmeal terbukti mengandung polifenol dan antioksidan yang terkait dalam tekanan darah. Hal ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah ketika terjadi peningkatan produksi oksida nitrat, sehingga tidak akan terjadi adanya pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah. Dengan begitu risiko penyakit jantung akan semakin kecil dan terbukti mampu memperlancar peredaran darah ke jantung.

6. Menstabilkan gula pada penderita diabetes

Oatmeal juga telah terbukti mampu menstabilkan kadar gula dalam darah. Serat dalam oatmeal mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah.  Selain itu serat oatmeal juga bisa memperbaiki kadar gula darah yang berlebih, sehingga dengan mengonsumsi oatmeal setiap hari secara rutin mampu menurunkan risiko penyakit Diabetes Mellitus 2.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Manfaat Oatmeal, Makanan Sehat Habis Makan Banyak Daging", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/03/121700875/6-manfaat-oatmeal-makanan-sehat-habis-makan-banyak-daging?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm