Ilustrasi rendang paru kering khas Padang.
Ilustrasi rendang paru kering khas Padang. ( SHUTTERSTOCK/SASSY PHOTOWORK)

Tak Kalah Enak Rasanya Dengan Rendang Asli, Berikut 5 Kreasi olahan Masakan Dari Bumbu Rendang

3 Agustus 2020 14:54 WIB

SonoraBangka.id - Makanan khas minang yang sudah dikenal kelezatannya sampai luar Indonesia adalah rendang. Rendang umumnya berbahan dasar daging sapi, kemudian dimasak dengan bumbu dan santan sampai kering. Tidak kalah enak dari rendang asli, rendang juga bisa dikreasikan menjadi aneka masakan atau pun ditambahkan ke dalam masakan lain. Berikut ini aneka resep olahan rendang dari Kompas.com:

1. Nasi goreng rendang

Nasi goreng biasanya berbumbu manis kecap, tetapi kamu bisa berkereasi membuat nasi goreng dengan bumbu rendang. Penambahan bumbu rendang akan memperkaya cita rasa nasi goreng. Cukup manfaatkan sisa bumbu rendang di rumah dan campurkan ke dalam nasi goreng, sehingga kamu tidak harus menyiapkan bumbu rendang dengan sengaja  untuk membuat nasi goreng rendang ini.

2. Telur dadar rendang

Rendang juga bisa kamu gunakan untuk bumbu telur dadar atau omelet. Koki selebriti asal Inggris, Gordon Ramsay pernah berkreasi dengan bumbu rendang saat kunjungan ke Sumatera Barat. Ia mencoba menambahkan bumbu rendang ke dalam masakan eropa yakni omelet. Kamu juga bisa mencoba omelet rendang ini di rumah.

3. Rendang paru

Tidak harus pakai daging, rendang juga bisa dibuat dari paru sapi. Jika pandai mengolahnya, hidangan rendang paru sapi yang renyah dengan bumbu khas rendang bisa kamu dapatkan dari masakan ini. Paru sapi terlebih dahulu dikeringkan dan digoreng agar renyah sebelum ditambahkan ke dalam bumbu rendang. Rendang paru sapi ini juga termasuk salah satu masakan rendang yang sering diolah oleh orang Minang. Makanan ini juga awet untuk dibawa bepergian dan jadi oleh-oleh dengan bungkus kedap udara.

4. Rendang buntut

Bagaimana jika buntut dimasak jadi rendang? pasti tidak kalah enak? masakan sup buntut sudah sangat familiar bagi kita. Hidangan rendang buntut bisa disajikan untuk menu makan malam keluarga. Kamu bisa coba masak rendang buntut istimewa ala chef hotel berbintang di rumah.

5. Tumis buncis bumbu rendang

Kamu bisa mengolah bumbu rendang sisa dengan ditumis sayuran. Pakar kuliner William Wongso memberikan resep tumis buncis bumbu rendang dengan udang. Rasa bumbu rendang berpadu sederhana dengan garingnya buncis dan manisnya udang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kreasi Masakan Bumbu Rendang, dari Nasi Goreng sampai Omelet", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/03/111100175/5-kreasi-masakan-bumbu-rendang-dari-nasi-goreng-sampai-omelet?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm