Tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian terhadap Kapal Motor (KM) Surya Hasil Laut GT 10, Rabu (5/8/2020).
Tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian terhadap Kapal Motor (KM) Surya Hasil Laut GT 10, Rabu (5/8/2020). ( bangkapos.com/ Basarnas Babel)

Misteri KM Surya Hasil Laut Yang Belum Ditemukan, Ini Langkah Tim SAR

5 Agustus 2020 21:05 WIB

SonoraBangka.ID - Operasi pencarian dan pertolongan yang dilakukan tim gabungan terhadap KM Surya Hasil Laut GT 10 yang diduga mengalami kecelakaan dan hilang kontak di perairan Pulau Bangka telah berlangsung selama tiga hari.

Berdasarkan informasi, sampai hari ini, Rabu (5/8/2020) sekitar pukul 12.30 WIB, kapal bermuatan jeruk tersebut masih belum juga ditemukan.

Kepala Basarnas Babel, Fazzli menuturkan, memasuki hari ketiga operasi pencarian dan pertolongan tersebut, tim SAR gabungan telah mengupayakan pencarian melalui jalur koordinasi secara maksimal.

Fazzli mengungkapkan, upaya yang akan dilakukan pihaknya yaitu berkoordinasi dengan Ditpolair Polda Kepulauan Bangka Belitung, Stasiun Radio Pantai (SROP) Pangkalbalam, SROP Tanjungpandan, Syahbandar Sungailiat, dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka terkait pemapelan ke kapal-kapal yang melintas di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1, dan nelayan yang sedang melaut di sekitar lokasi kejadian.

Disamping itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemilik KM Surya Hasil Laut terkait situasi terkini perkembangan pencarian kapal tersebut.

"Pada operasi kali ini peran serta potensi SAR yang terlibat sangatlah penting dalam pemapelan berita kecelakaan ini kepada nelayan-nelayan setempat, terutama masyarakat pesisir yang ada di Bangka Belitung ini sendiri," jelas Fazzli, Rabu (5/8/2020).

Sebagai informasi, KM Surya Hasil Laut GT 10 yang berlayar dengan rute Tebas Pemangkat Pontianak-Pangkalbalam (Bangka), diduga mengalami kecelakaan dan hilang kontak, Senin (3/8/2020).

Lokasi kejadian diprediksi berada di perairan Pulau Bangka.

Upaya pencarian kapal tersebut melibatkan, Ditpolair Polda Kepulauan Bangka Belitung, SROP Pangkalbalam, SROP Tanjungpandan, Syahbandar Sungailiat, HNSI Kabupaten Bangka.

"Biasanya kebanyakan nelayan melapor kepada unsur-unsur di atas. Apabila menemukan tanda-tanda segera melaporkan kepada pihak kami untuk dianalisis dan diambil tindakan yang strategis. Ini merupakan cara percepatan agar setiap adanya musibah atau kejadian seperti ini korban segera ditemukan," kata Fazzli.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Keberadaan KM Surya Hasil Laut Masih Misterius, Ini Langkah Tim SAR

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm