Ilustrasi
Ilustrasi ( PIXABAY/RITAE)

4 Langkah Menghilangkan Bau Tanah Dan Lumpur Pada Ikan Air Tawar

8 Agustus 2020 14:23 WIB

SonoraBangka.id - Ikan air tawar juga kerap dijadikan beragam masakan di Indonesia selain ikan air laut. Akan tetapi tak jarang ikan air tawar berbau tanah atau lumpur. Untuk menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar diperlukan cara yang tepat. Mulai dari saat membeli hingga proses memasaknya. Berikut tips sebelum mengolah ikan air tawar,

1. Beli ikan air tawar yang masih hidup

Ikan air tawar sebaiknya beli dalam keadaan masih hidup. Biarkan ikan hidup beberapa hari dalam wadah berisi air di rumah tanpa diberi makanan sebelum diolah. Cara ini dapat meminimalkan daging ikan berbau tanah. Cara seperti ini bisa kita lihat juga di restoran masakan ikan. Jika diperhatikan, tidak jarang ditemui akuarium berisi ikan di restoran tersebut. Ternyata, itu adalah salah satu cara agar ikan yang disajikan di sana tidak berbau lumpur.

2. Bersihkan insang dan isi perut ikan

Dalam proses memasak ikan langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuang insang dan isi perut ikan. Hal ini harus dilakukan baik pada ikan segar maupun ikan mati yang kamu beli. Cuci ikan dengan air mengalir setelah ikan dibersihkan. Ikan dapat juga disimpan pada suhu beku di freezer agar tahan lama. Namun lebih nikmat jika ikan langsung dimasak.

3. Jangan merusak empedu ikan

Salah satu organ penyebab daging ikan beraroma lumpur Empedu adalah empedu. Yang terletak di sekitar insang dan isi perut. Organ ini juga harus dibuang saat pembersihan perut ikan. Pastikan saat sedang membersihkan perut ikan, empedu tidak dirobek. Pasalnya, empedu yang pecah akan keluar cairan pahit dan bau yang dapat mengkontaminasi rasa daging ikan. Oleh karena itu tahap pembersihan perut ikan harus dilakukan dengan hati-hati

4. Rendam ikan dengan bumbu

Tips terakhir agar ikan tidak beraroma lumpur adalah rendam atau marinasi ikan dalam bumbu. Resep bumbu marinasi sederhana yang bisa dipakai untuk menghilangkan bau lumpur adalah campuran tepung maizena, putih telur, minyak wijen, bawang putih, dan minyak bawang. Minyak bawang bisa didapat dari minyak bekas gorengan bawang putih. Proses marinasi ikan tidak butuh waktu yang lama, cukup 5–10 menit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Hilangkan Bau Tanah Ikan Air Tawar, Baca Sebelum Masak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/08/101000175/4-cara-hilangkan-bau-tanah-ikan-air-tawar-baca-sebelum-masak?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm