Ilustrasi sushi.
Ilustrasi sushi. ( (SHUTTERSTOCK))

Cara Membuat Nasi Sushi, Bahan Utama Dalam Sajian Sushi Jepang

22 Agustus 2020 16:01 WIB

SonoraBangka.id - Nasi sushi atau Sushimesi adalah bahan utama dalam sajian sushi Jepang yang menentukan enak tidaknya sushi. Maka dari itu ada beberapa faktor yang menjadi penentu sushi meshi berhasil, mulai dari bahan, resep, dan teknik. Berdasarkan Jenisnya Beras yang cocok digunakan untuk membuat sushi adalah beras berbiji pendek dan sedang. Beras jenis ini lebih lengket daripada varietas beras berbiji panjang. Jenis beras khusus sushi ini sudah dijual dipasaran, umumnya disebut beras jepang. Berikut ini resep nasi sushi yang dilansir dari The Spruce Eats untuk hasil nasi shusi yang enak.

Resep nasi sushi

Bahan:

  • 3 cup beras Jjepang
  • 3 1/4 gelas air
  • 1/3 cup cuka beras
  • 1/4 cup cuka tumbuk sake atau cuka anggur putih (opsional, halal jangan digunakan)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat nasi sushi:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Cuci beras dengan air mengalir. Ulangi pencucian sampai tidak ada lagi pati yang keluar dan air menjadi hampir jernih. Tiriskan dan sisihkan selama 30 menit.
  3. Masukkan beras ke dalam rice cooker dan tambahkan air. Rendam beras di dalam air setidaknya selama 30 menit.
  4. Setelah direndam, nyalakan tombol masak nasi. Saat nasi matang, jangan langsung dibuka tutup rice cooker. Biarkan selama kurang lebih 15 menit untuk mengukus nasi.
  5. Siapkan cuka sushi dengan mencampurkan cuka beras, cuka tumbuk sake, gula, dan garam ke dalam panci. Panaskan cuka dengan api kecil sampai gula larut. Dinginkan campuran cuka.
  6. Sebar nasi panas ke dalam piring besar atau mangkuk besar. Gunakan mangkuk bukan logam untuk mencegah interaksi dengan cuka beras. Pilihan yang paling baik adalah menggunakan mangkuk kayu yang disebut sushi-oke.
  7. Siram campuran cuka di atas nasi dan aduk nasi dengan shamoji (spatula nasi) dengan cepat. Hati-hati jangan sampai nasinya hancur.
  1. Dinginkan dan hilangkan uap nasi dengan mengipas nasi saat nasi diaduk. Hal ini juga akan membuat nasi sushi tampak mengkilap.
  2. Nasi sushi siap digulung dan ditambahkan dengan berbagai topping.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bikin Nasi Sushi, Butuh Teknik Masak dan Bumbu Tambahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/20/170900175/cara-bikin-nasi-sushi-butuh-teknik-masak-dan-bumbu-tambahan?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm