Ilustrasi Udon
Ilustrasi Udon ( norikko / shutterstock)

Resep Udon Ala Marugame, Tanpa Mesin Dan Menggunakan Bahan Lokal

23 Agustus 2020 15:50 WIB

SonoraBangka.id - Mi tebal khas Jepang yang terbuat dari tepung, air, dan garam adalah udon. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah memakai bahan lokal tanpa menggunakan mesin. Salah satu finalis MasterChef Indonesia Devina Hermawan dalam video yang ditayangkan dalam akun YouTube nya membagikan resep udon khas Jepang. Berikut resep udon ala Marugame dari Chef Devina Hermawan cocok buat kamu yang sudah kangen makan udon tapi dompet lagi tipis karena akhir bulan.

Resep udon ala Marugame

Bahan :

  • 300 gr tepung protein sedang
  • 140 gr air
  • 20 gr garam Maizena (untuk taburan adonan)

Cara membuat udon ala Marugame

  1. Pertama larutkan garam dengan air. Tambahkan garam minimal 10 persen dari total jumlah bahan supaya adonan udon lebih kenyal. Pastikan garam sudah larut dalam air, karena adonan sangat keras untuk diuleni sehingga akan lebih susah jika garam tidak larut ke dalam air.
  2. Campurkan air dan tepung yang sudah diayak menggunakan sumpit hingga tercampur rata. Tekan-tekan dengan tangan agar terigunya tercampur. Tips dalam membuat udon yang enak tak lepas dari jenis tepungnya. Sehingga lebih baik menggunakan tepung dengan brand yang baik dan protein rendah. Dalam adonan udon diperlukan adonan yang padat tapi jika sudah direbus akan terasa ringan di mulut. Jika adonan sudah terlihat menyatu bisa pindahkan ke plastik.
  3. Kemudian pindahkan ke plastik, pipihkan adonan menggunakan rolling pin, gunakan beban tubuh agar lebih mudah. Bisa juga menggunakan metode diinjak, bungkus adonan dengan plastik lalu lapisi dengan kain, gunakan kaus kaki bersih agar lebih higienis lalu injak-injak adonan dengan tumit. Setelah melebar, gulung adonan lalu pipihkan lagi, lakukan 5-6 kali hingga adonan menjadi mulus. Gunakan plastik yang tebal agar tidak bocor atau gunakan plastik lebih dari satu lapis agar tidak mudah bocor.
  4. Setelah diuleni, istirahatkan adonan selama 10-15 menit. Pipihkan adonan sekali lagi, lalu bulatkan dan istirahatkan adonan minimal 2 jam, supaya benar-benar menyatu dan saat dimakan tak bau mentah.
  5. Taburi talenan dengan maizena, letakkan adonan dan taburi lagi sedikit maizena di atasnya. Pipihkan adonan menggunakan rolling pin. Jika sudah melebar, gulung adonan menggunakan rolling pin sambil ditekan-tekan. Pipihkan dengan ketebalan 3 mm.
  6. Taburi maizena di setiap lipatan agar tidak lengket, lalu potong-potong memanjang dengan ketebalan sesuai selera.
  7. Kemudian jika sudah siap, mulai rebus air. Rebus udon 15-20 menit tergantung ketebalan udon. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Bilas dengan air dingin. Udon siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Udon ala Marugame, Tanpa Mesin dan Pakai Bahan Lokal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/23/130300075/cara-membuat-udon-ala-marugame-tanpa-mesin-dan-pakai-bahan-lokal?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm