Berlian yang ditemukan di Lesotho, Afrika Selatan
Berlian yang ditemukan di Lesotho, Afrika Selatan ( AFP/The Independent)

Berlian Terbesar Di Dunia Seberat 442 Karat Ditemukan Di Afrika

25 Agustus 2020 08:06 WIB

 

SonoraBangka.id - Berlian berukuran 442 karat berhasil ditemukan di Afrika baru-baru ini.

Berlian tersebut termasuk salah satu berlian terbesar di dunia, yang ditaksir harganya bisa mencapai 18 juta dollar AS, atau sekitar Rp 264 miliar.

Kabar penemuan ini diumumkan oleh pihak perusahaan di Gem Diamonds Ltd pada Jumat (21/8/2020).

Dimana para pekerja di perusahaan tersebut menemukan permata itu di tambang Letseng di Lesotho.

Diungkapkan CEO Diamonds, Clifford Elphick dalam pernyataan tertulisnya, bahwa penemuan berlian 442 karat ini luar biasa, dan menjadi salah satu berlian dengan kualitas permata terbesar di dunia yang ditemukan tahun ini.

"Ini juga menjadi sebuah pembuktian atas kaliber tambang Letseng  yang secara konsisten menghasilkan berlian besar dan berkualitas tinggi."

Analis BMO Capital Markets, Edward Sterck menaksir berlian tersebut dengan harga 18 juta dollar, demikian menurut laporan Bloomberg -media pertama yang melaporkan kabar ini.

“Sebagian hasil penjualan ini akan digunakan untuk mendanai proyek komunitas khusus, sesuai kesepakatan dengan mitra kami, Pemerintah Lesotho,” kata Elphick.

Lesotho adalah negara yang memiliki populasi lebih dari dua juta jiwa, dan menjadi negara merdeka sejak tahun 1966 -setelah memperoleh kebebasan dari Inggris.

Dan negara ini adalah negara yang terkurung daratan di Afrika selatan, dikelilingi oleh wilayah Afrika Selatan.

Meskipun industri berlian ikut terpukul akibat pandemi Covid-19, namun permintaan untuk ukuran yang lebih besar terhitung stabil.

Hal tersebut  terjadi karena  kelangkaan batu mulia semacam itu.

Di tambang Letseng, pada tahun 2018 lalu juga pernah ditemukan berlian 910 karat yang dikenal sebagai "Legenda Lesotho” oleh Gem Diamonds.

Yang pada akhirnya berlian dijual seharga 40 juta dollar AS atau sekitar Rp 586,5 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditemukan, Bongkahan Berlian 442 Karat Seharga Rp 264 Miliar", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/24/152521720/ditemukan-bongkahan-berlian-442-karat-seharga-rp-264-miliar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm