Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (AFP/JAVIER SORIANO)
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (AFP/JAVIER SORIANO) ( kompas.com)

Marc Marquez Mengatakan Bahwa Honda RC213V Tidak Hanya Dibuat Berdasarkan ''Pesanannya''

27 Agustus 2020 18:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak adanya Marc Marquez tim Repsol Honda tak berdaya di lima seri MotoGP 2020. Hal ini seolah menegaskan argumen bahwa Honda memang hanya fokus mengembangkan motor untuk Marc.

Adalah Sebelum pensiun akhir 2019 Jorge Lorenzo sempat frustasi mengendarai Honda RC213V. Kemudian Tahun lalu, Cal Crutchlow, pebalap tim satelit LCR Honda pun pernah berkata motornya sulit untuk dijinakkan.

Marc yang mendapat tudingan seperti itu mengatakan bahwa Honda RC213V tidak hanya dibuat berdasarkan ''pesanannya.'' Nyatanya kata Baby Alien, Honda juga memikirkan pebalapnya yang lain.

"Selalu dikatakan bahwa Honda dibuat untuk saya, tetapi semua pebalap mencoba bagian yang sama dan kami semua memberikan komentar yang sama," kata Marc mengutip GPOne.com, Kamis (27/8/2020).

Marc mengatakan Honda adalah Honda. Pada dasarnya semua motor sulit dikendarai. Tapi dia adalah pebalap yang tak mudah menyerah. Dia melakukan semuanya, termasuk menyesuaikan gaya balapnya.

"Saya adalah pebalap pertama yang menginginkan motor yang jauh lebih serbaguna, saya menyesuaikan dengan gaya (balap) yang berbeda sehingga motor lebih mudah untuk dikendarai, tapi Honda adalah Honda," kata Marc.

Marc yang memutuskan absen lebih lama sekitar dua atau tiga bulan lagi mengatakan, saat ini pun pebalap Honda sudah mulai bagus. Nyatanya Takaaki Nakagami bisa tampil cepat dan percaya diri di GP Styria.

"Mungkin sekarang Nakagami yang mendorong. Saya tahu dia sering melihat data saya, dia selalu melakukannya tetapi sekarang jadi berfungsi. Tapi pebalap Honda lainnya terus menderita, bukan hanya saudara saya," kata Marc.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Melempem karena RC213V Dirancang Hanya untuk Marquez", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/27/094200515/honda-melempem-karena-rc213v-dirancang-hanya-untuk-marquez.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm