Ilustrasi potensi terinfeksi virus corona pada pria lebih tinggi dibandingkan perempuan. Tingkat keparahan pasien Covid-19 laki-laki lebih tinggi.
Ilustrasi potensi terinfeksi virus corona pada pria lebih tinggi dibandingkan perempuan. Tingkat keparahan pasien Covid-19 laki-laki lebih tinggi. ( SHUTTERSTOCK/Gorodenkoff )

Ternyata Pria Lebih Rentan Parah Jika Terdampak Covid-19 Di Banding Wanita. Mengapa ?

30 Agustus 2020 18:01 WIB

SonoraBangka.id - Sejak dimulainya pandemi, sudah jelas bahwa yang lebih rentan mengalami perburukan penyakit jika terinfeksi Covid-19 adalah pria dibandingkan dengan wanita.

Penyebabnya pun saat ini sedang didalami oleh para peneliti.

Dalam meresponmvirus corona baru ini, ternyata memang ada perbedaan signifikan pada sistem kekebalan tubuh pria dan wanita.

Secara global, 60 persen angka kematian Covid-19 terjadi pada pria.

Karena itulah pria lebih rentan mengalami perburukan dan risiko kematiannya lebih tinggi.

Terungkap bahwa perbedaan respon imun adalah sebagai penyebabnya, demikian berdasarkan riset terbaru yang dilakukan tim dari Universitas Yale.

Ketua peneliti, profesor bidang imunologi dan molekuler, Akiko Iwasaki, dan timnya menganalisis sampel darah, air liur, dan cairan hidung dari pasien Covid-19 dan membandingkannya dengan orang yang sehat.

Pasien tersebut lalu diamati dari waktu ke waktu untuk mengetahui bagaimana respon sistem imunnya pada awal infeksi, serta bagaimana perbedaannya antara pasien yang sembuh dan yang mengalami perburukan penyakit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm