Ilustrasi berkendara (Otomania/Setyo Adi)
Ilustrasi berkendara (Otomania/Setyo Adi) ( kompas.com)

Periksa Ini Kalau Klakson Motor Mulai Sember

31 Agustus 2020 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Klakson memiliki tugas cukup penting pada sepeda motor, fungsinya sebagai alat komunikasi antar kendaraan serta bisa meminimalkan risiko berkendara.

Seperti komponen lainnya, klakson juga membutuhkan perawatan. Walaupun demikian, tidak sedikit pemilik motor yang melupakan hal ini, sehingga suara klakson menjadi sember, mengecil atau soak.

Masalah klakson tidak nyaring disebabkan oleh beberapa faktor, kasus umum yang paling banyak terjadi karena kondisi aki sudah lemah, sehingga bunyi klakson yang dihasilkan ikut soak.

Tapi pada beberapa kasus, pemilik kendaraan yang sudah mengganti akinya masih mendapati suara klakson yang soak. Kemudian, bagaimana cara mengatasinya?

Asep Suherman, sebagai Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, mengatakan, jika aki sudah ganti baru dan suara klakson masih soak maka perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

“Langkah awal jika memang klaksonnya soak kita coba setel dulu di klaksonnya. Tapi jika sudah di setel tapi bunyinya tetap tidak seperti biasanya berarti klaksonnya memang harus diganti,” ujar pria yang akrab disapa Herman kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Untuk mengecek kondisi klakson cukup mudah, Herman melanjutkan, hanya perlu buka baut di klakson dan kemudian tekan tombol klakson di setang. Kalau saat tombol ditekan dan baut diputar suaranya nyaring berarti klakson masih sehat.

“Tapi jika klakson tidak ada masalah baru kita cek ke komponen lain. Bisa dari tombol klaksonnya atau rangkaian kabel yang terhambat yang menyebabkan arus tidak sepenuhnya sampai ke klakson,” kata Herman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cek Ini Bila Klakson Motor Mulai Sember", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/30/181215315/cek-ini-bila-klakson-motor-mulai-sember.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm