Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB. (Dok. Istimewa)
Sebuah mobil terbakar di Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.25 WIB. (Dok. Istimewa) ( kompas.com)

7 Hal Yang Dapat Memicu Kebakaran Pada Mobil, Jangan Anggap Remeh Satu Pun

10 September 2020 17:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Akhir-akhir ini, kasus mobil terbakar kerap terjadi. Bahkan, di salah satu kejadian ada yang sampai menelan korban jiwa.

Maka dari itu, penting sekali bagi para pemilik mobil untuk memahami kendaraannya. Setidaknya ada tujuh hal yang dapat memicu kebakaran pada mobil. Sebagian besar faktornya adalah kelalaian dari pengemudi atau pemilik mobil.

Riecky Patrayudha, dari Service Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, sangat penting bagi pemilik mobil memperhatikan kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat mobil terbakar.

"Semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba, termasuk pemasangan dan kapasitas komponen kelistrikan yang didesain agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak menyebabkan hubungan pendek arus listrik yang bisa memicu mobil terbakar," ujar Riecky kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Riecky menambahkan, ada beberapa potensi yang bisa membuat mobil terbakar dan wajib untuk diperhatikan pengendara atau pemilik kendaraan, yaitu sebagai berikut:

1. Rajin Mengecek Ruang Mesin Kendaraan

Benda asing yang tertinggal di ruang mesin kendaraan, seperti kain lap yang digunakan setelah melakukan perawatan atau pembersihan, dapat memicu terjadinya kebakaran. Maka dari itu, selalu cek kembali ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

2. Pastikan Tutup Oli Terpasang Rapat

Ketika tutup oli tidak terpasang dengan benar, oli dapat merembes keluar dan cipratannya dapat mengenai bagian komponen lain yang panas, seperti knalpot. Percikan oli tersebut bisa berubah menjadi api.

3. Periksa Instalasi Kabel dan Aksesori Kelistrikan Tambahan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm