Jorge Lorenzo saat pertama kali kembali mengendarai Yamaha M1 di Sepang, Malaysia. (Instagram @jorgelorenzo99)
Jorge Lorenzo saat pertama kali kembali mengendarai Yamaha M1 di Sepang, Malaysia. (Instagram @jorgelorenzo99) ( kompas.com)

Tertunda Karena Pandemi, Dipastikan Bahwa Jorge Lorenzo Akan Kembali Ke Atas Yamaha M1 Untuk Sesi Tes

15 September 2020 19:58 WIB

SONORABANGAK.ID - Adalah Jorge Lorenzo terlihat sudah lama tidak melakukan pengetesan bersama Yamaha. Para pebalap dari tim pabrikan dan tim satelit pun mulai mempertanyakan fungsi pebalap asal Spanyol tersebut.

Dikutip dari the-race.com, menganggurnya Lorenzo diyakini karena dampak dari pandemi Covid-19 atau virus corona. Bukan karena Lorenzo terinfeksi virus tersebut, melainkan karena adanya larangan bepergian.

Karena, sebagian besar dari tim pengetesan Yamaha ini adalah teknisi Jepang. Sedangkan, adanya larangan bepergian memaksa para teknisi Jepang tersebut untuk tetap berada di rumah.

Tapi, belum lama ini dipastikan bahwa Lorenzo akan kembali ke atas Yamaha M1 untuk sesi tes di Algarve pada 7-8 Oktober nanti. Pebalap dengan nomor start 99 tersebut akan menguji motor dan masukan mengenai aspal baru untuk Michelin.

Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh Piero Taramasso, Manager of Two-Wheel Michelin Motorsport. Dia mengatakan, akan ada enam pabrikan yang mengikuti sesi tes nantinya.

"Sekarang ini, sepertinya semua test rider dari semua pabrikan akan ada di sana. Saya tahu beberapa pabrikan Jepang memiliki masalah mendatangkan stafnya, karena ada jumlah hari yang terbatas bagi mereka berada di area Schengen," ujar Taramasso.

Taramasso menambahkan, tiap-tiap pabrikan Jepang tersebut sedang mengupayakan bisa datang, menyadari sesi tes ini akan sangat penting.

Sesi tes ini dapat membantu Yamaha untuk mengatasi masalah komponen pada mesin yang bebas diganti untuk tahun depan tanpa melanggar regulasi. Karena, adanya pandemi ini membuat Dorna Sports membekukan pengembangan mesin untuk musim depan.

Lorenzo akan bekerja dengan mantan kepala mekanik Valentino Rossi, yakni Silvano Galbusera. Keduanya akan berusaha mencoba mengurangi kelemahan Yamaha dari segi top speed.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tertunda karena Pandemi, Jorge Lorenzo Mulai Sesi Tes Lagi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/15/104200415/tertunda-karena-pandemi-jorge-lorenzo-mulai-sesi-tes-lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm