Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com)
Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com) ( kompas.com)

Ingat, Berikut Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Benar

19 September 2020 18:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menghidupkan mesin mobil tentunya sudah menjadi hal yang biasa bagi para pemilik kendaraan roda empat.

Tetapi, ada beberapa perilaku yang berbeda dari masing-masing pemilik mobil ketika akan menyalakan dapur pacu kendaraan.

Misalnya, ada yang menunggu sampai lampu-lampu indikator menyala dan mati kembali baru mesin dinyalakan.

Tapi ada pula yang langsung menyalakan mesin tanpa menunggu lampu indikator mati dulu. Lalu, sebaiknya seperti apa menyalakan mesin kendaraan roda empat sebelum menggunakannya untuk beraktivitas.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM),  Bambang Supriyadi, mengatakan, saat akan menyalakan mesin mobil, terutama yang keluaran terbaru tidak perlu menunggu lampu indikator mati dulu.

“Tetapi bisa langsung dinyalakan setelah kunci kontak on, tidak perlu menunggu lampu-lampu di dashboard mati (normal),” ujar Bambang kepada Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Bambang menambahkan, sekarang ini teknologi kendaraan roda empat sudah semakin canggih dan diatur secara komputer.

Berbeda halnya dengan mobil keluaran lawas yang sistem pengaturannya tidak secanggih seperti sekarang ini.

Mesin mobil pada zaman dulu ada yang menunggu beberapa saat karena menunggu tekanan pompa bahan bakar sampai ke injektor,” tutur Bambang.

Tetapi, Bambang menambahkan, sekarang ini teknologi pompa bahan bakar sudah berbeda. Begitu ignition pada posisi on maka bahan bakar sudah siap untuk sampai di injektor.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm