satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan. (Ghulam/Otomania)
satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan. (Ghulam/Otomania) ( kompas.com)

Fakta atau Mitos, Kopling Mobil Bermasalah Penggunaan BBM Jadi Boros?

21 September 2020 18:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Elemen atau Komponen kopling pada mobil transmisi manual menjadi perangkat yang wajib diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan.

Kalau sudah merasakan gejala kopling tidak bekerja seperti biasanya atau terjadi selip sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan atau penggantian.

Masalahnya, kalau komponen ini sudah bermasalah tentunya akan mengurangi kenyamanan saat dikendarai.

Hal ini disebabkan karena kopling yang selip berdampak pada power kendaraan yang semakin berkurang.

Melakukan penggantian komponen ini sebaiknya juga tidak perlu menunggu sampai rusak atau tidak berfungsi.

Tidak hanya kenyamanan, kerusakan pada komponen yang berfungsi meredam tenaga yang disalurkan dari mesin ke transmisi juga akan berdampak pada konsumsi bahan bakar.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan, ketika kopling sudah mulai aus akan membuat tenaga tidak tersalurkan dengan sempurna.

Kondisi ini akan berimbas pada tingkat konsumsi BBM dan menjadi lebih boros. Hal ini disebabkan terjadinya selip kopling.

“Misalkan kampas kopling kondisinya sudah tidak 100 persen atau hanya 80 persen. Maka mesinnya akan 20 persen lebih boros dibandingkan biasanya,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Suparna menambahkan, idealnya perangkat kopling ini bisa digunakan hingga 80.000 kilometer. Tetapi, penggunaan komponen tersebut juga tergantung pada cara seseorang saat mengemudikan kendaraannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm