Suasana di Pelabuhan Pangkalbalam, beberapa waktu lalu.
Suasana di Pelabuhan Pangkalbalam, beberapa waktu lalu. ( Bangkapos.com/ Yuranda)

Pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam Diperkirakan Akan Dimulai 2021 Akhir

23 September 2020 09:58 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah daerah terus berupaya mengembangkan Pelabuhan Pangkalbalam yang berada di Kota Pangkalpinang karena kondisinya yang masih sangat terbatas dan hanya bisa disandari kapal berukuran di bawah 3.000 GT.

Disamping itu, sedimentasi yang tinggi dan kondisi alur Pelabuhan Pangkalbalam yang bergantung pada pasang surut, membuat pelabuhan ini tidak efisien lagi jika berorientasi menjadi pelabuhan ekspor komoditas di Bangka Belitung.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung KA Tajuddin menerangkan, progres pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam sejauh ini masih on the track sesuai jadwal yang direncanakan.

 

"Tahapan sekarang masih menuntaskan dokumen perencanaan studi awal skema KPBU yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan dan penyelesaian dokumen FS (studi kelayakan) oleh pihak Pemerintah Kota Pangkalpinang, serta dokumen rekomendasi-rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tutur Tajuddin kepada Bangkapos.com, Selasa (22/9/2020).

Ia menambahkan, jika semua dokumen tersebut selesai, maka tahap berikutnya pihak Pelindo IV yang mendapat mandat dari Kementerian Perhubungan sebagai pemrakarsa pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam, akan membuat studi kelayakan usaha yang di dalamnya menggambarkan juga pelibatan stakeholder yang akan membangun dan mengelola pelabuhan.

"Setelah tahapan FS dan kemudian DED dibuat oleh PT Pelindo IV tuntas, tahap berikutnya sudah dilaksanakan aktivitas pembangunan konstruksi pada 2021 akhir," ungkapnya.

Lebih lanjut, Tajuddin berharap, dengan adanya pengembangan pelabuhan Pangkalbalam ini, nantinya dapat lebih memacu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Karena semua komoditas ekspor asal Bangka Belitung bisa langsung diekspor ke negara tujuan dalam jumlah dan kapasitas kapal yang besar, tidak lagi transit ke daerah lain yang memiliki pelabuhan ekspor untuk ukuran kapal di atas 5.000 GT," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Pembangunan Konstruksi Pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam Diperkirakan Akhir 2021

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm