Ilustrasi mesin mobil overheat (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mesin mobil overheat (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Mesin Mobil Overheat?

29 September 2020 19:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Penyebab atau Masalah mesin mobil yang kepanasan atau overheat bisa membuat kerusakan yang parah pada bagian dalam mesin. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan bagi semua pengguna mobil.

Penyebab dari mesin yang overheat ini ada banyak, bukan hanya dari air radiator yang kurang. Bisa juga disebabkan ada kebocoran, kipas radiator yang mati, katup thermostat yang macet, juga water pump yang mati.

Suparna sebagai Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak  mengatakan, banyaknya penyebab mesin overheat memiliki masalahnya sendiri. Kalau salah satu rusak, tentunya proses pendinginan suhu mesin jadi tidak maksimal.

“Paling banyak yaitu kebocoran pada sistem air pendingin yang menyebabkan mesin overheat. Kalau kipas radiator mati, menyebabkan kurangnya aliran udara untuk membantu mendinginkan air radiator,” kata Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Faktor overheat lainnya yaitu katup thermostat yang macet dalam kondisi menutup. Katup ini posisinya ada di saluran air pendingin antara mesin dan radiator. Fungsinya yaitu mengalirkan air untuk menjaga suhu mesin optimal.

“Kalau thermostat macet, maka akan menutup aliran air pendingin sehingga mesin overheating karena tidak ada pendinginan,” ucap Suparna.

Terakhir yaitu water pump yang mati atau macet bisa menyebabkan mesin overheat. Sehingga sirkulasi air pendingin berhenti sehingga mesin jadi overheat karena tidak ada air yang dipompa untuk mendinginkan mesin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Saja yang Menyebabkan Mesin Mobil Overheat?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/29/112200415/apa-saja-yang-menyebabkan-mesin-mobil-overheat-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm