Alat pemecah batu ginjal dari Jerman di RSUD Soekarno Bangka Belitung, Senin (29/9/2020).
Alat pemecah batu ginjal dari Jerman di RSUD Soekarno Bangka Belitung, Senin (29/9/2020). ( KOMPAS.com/HERU DAHNUR)

RSUD Soekarno Babel Impor Alat Operasi Batu Ginjal Canggih dari Jerman

1 Oktober 2020 10:11 WIB

SonoraBangka.ID - Pengadaan barang impor untuk menunjang layanan kesehatan di RSUD Ir Soekarno Kepulauan Bangka Belitung tetap berjalan, meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Salah satunya adalah mesin pemecah batu ginjal dari Jerman yang siap dioperasikan  dengan menggunakan teknologi frekuensi elektronik.

"Nantinya operasi batu ginjal tak lagi menggunakan pisau. Tapi dengan sistem elektonik dengan daya 6,1 mHz. Ini alat versi terbaru di Kepulauan Bangka Belitung. Terakhir yang punya 1,6 mHz," kata Direktur RSUD Soekarno Babel, Armayani Rusli di Pangkalpinang, Senin (29/9/2020).

Armayani menerangkan, pengadaan alat ini merupakan bagian dari program pemerintah guna melengkapi peralatan medis di berbagai daerah.

"Alat ini menggunakan standar kesehatan Eropa. Sehingga pasien akan lebih nyaman dalam menjalani pengobatan," ungkap Armayani.

Proses perakitan alat bernama MT tersebut akan berlangsung selama sebulan. Bersamaan dengan pelatihan tenaga teknisi untuk penggunaannya.

Tim dokter yang terlibat dalam operasi dipastikan telah mengantongi sertifikasi dan berpengalaman dalam permasalahan batu ginjal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RSUD Soekarno di Babel Tambah Alat Operasi Batu Ginjal Canggih dari Jerman"

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm