Ilustrasi anak sakit
Ilustrasi anak sakit ( Shutterstock)

Komplikasi Covid-19 Pada Anak Dan Remaja, Jangan Anggap Enteng !

2 Oktober 2020 08:30 WIB

SonoraBangka.id - Setelah beberapa bulan Indonesia mengalami pandemi Covid-19, hingga saat ini kasus yang terinfeksi kian bertambah saja.

Penyakit virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan.

Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus.

Biasanya, jika anak-anak dan remaja yang terinfeksi virus Covid-19 hanya memiliki gejala ringan atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Namun, ada beberapa kondisi pada anak yang membuatnya rentan komplikasi berat.

“ Anak-anak dan remaja yang lebih tua lebih berisiko untuk mengembangkan komplikasi mematikan, termasuk sindrom inflamasi multisistem dan gagal napas “, demikian  laporan baru Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC).

Laporan tersebut menganalisa data tentang 121 anak yang meninggal karena penyakit terkait Covid-19 antara Februari dan Juli 2020 di Amerika.

Dalam data tersebut, 70 persen diantaranya berusia 10-20 tahun.

Seperti dikatakan Direktur Pusat Penyakit Menular Anak, Camille Sabella, MD, anak-anak paling kecil tampaknya paling terlindungi dari virus ini.

Kondisi medis yang paling sering dilaporkan adalah asma, obesitas, kondisi jantung, serta kondisi neurologis dan perkembangan.

Anak-anak dengan kondisi ini disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra terhadap Covid-19.

Sementara itu, tiga dari empat anak yang meninggal karena Covid-19 memiliki setidaknya satu kondisi medis yang mendasari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm