Rem cakra depan bisa tidak pakem, ketika terkena oli suspensi. (Ghulam/KompasOtomotif)
Rem cakra depan bisa tidak pakem, ketika terkena oli suspensi. (Ghulam/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Berikut Ini Cara Mudah Cek Keausan Kampas Rem Motor

3 Oktober 2020 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk Perawatan komponen sepeda motor sebaiknya memang dilakukan secara rutin pada kilometer tertentu.

Ini bertujuan supaya kinerja dari komponen tersebut tetap terjaga serta mencegah dari kerusakan yang tidak terdeteksi.

Contohnya saja untuk bagian perangkat pengereman. Komponen yang mempunyai tugas sangat vital yakni mengurangi laju kendaraan ini harus dipastikan kondisinya tetap baik.

Selain memastikan volume minyak rem, bagian yang harus dipastikan masih bagus adalah kampasnya.

Kampas ini harus dipastikan masih tebal atau belum habis sehingga ketika digunakan dapat menekan cakram atau tromol dengan sempurna.

Untuk melakukan pengecekan kondisi brake shoe ini cukuplah mudah, baik untuk rem cakram maupun yang masih menggunakan tromol.

Pemilik kendaraan tidak perlu sampai melakukan pembongkaran kalau memang tidak akan melakukan penggantian.

Fachrul Reza sebagai Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang  menjelaskan, untuk perawatan atau pemeriksaan perangkat rem sebaiknya dilakukan secara berkala.

“Lakukan perawatan berkala pemeriksaan rem cakram maupun rem tromol setiap 10.000 kilometer sekali agar performa pengereman tetap terjaga,” kata Reza kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Untuk mengecek kondisi kampas, Reza memberikan tips mudah tanpa harus membongkarnya. Untuk rem cakram cara mengecek batas keausan kampas rem adalah dengan melihat alur-alur pada kampas remnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm