Ilsutrasi kentang kupas.
Ilsutrasi kentang kupas. ( Dok. Shutterstock/FotoDuets )

Tak Hanya Untuk Kebutuhan Makan, Berikut Manfaat Kentang Di Dapur

4 Oktober 2020 10:54 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sekadar bermanfaat untuk mengisi kebutuhan makan, kentang juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alat masak dan makan. Kentang merupakan jenis sayuran dari umbi yang sering dikonsumsi masyarakat dari berbagai negara. Jika ingin mencoba tips ala The Kitchn berikut ini, kamu bisa khusus menyiapkan kentang atau memanfaatkan sisa kentang yang tidak terpakai untuk masakan. Berikut ini beberapa cara cerdas menggunakan kentang untuk membersihkan alat masak:

1. Bersihkan wajan besi cor yang sudah berkarat

Kamu bisa menggunakan kentang untuk mengembalikan wajan besi cor yang berkarat, karena kentang mengandung asam oksalat, yang membantu memecah karat. Potong saja kentang menjadi dua, memanjang atau melintang. Celupkan ujung potongan ke dalam sabun cuci piring atau soda kue.  Gosokkan ke area yang berkarat. Jika ujung kentang licin, potong dan celupkan ujung yang baru dipotong. Ulangi sampai karat hilang, lalu bilas dan keringkan.

2. Bersihkan pisau berkarat

Kentang juga dapat dipakai untuk membersihkan karat dari benda lain seperti pisau, gunting, loyang, dan peralatan rumah tangga lainnya.

3. Hapus noda dari perak

Sehabis merebus kentang, jika air rebusan tidak dipakai untuk masakan kamu bisa manfaatkan untuk membersihkan perak. Taruh sisa air rebusan kentang ke dalam wadah. Kemudian rendam perak yang bernoda dan biarkan minimal selama satu jam. Setelah direndam, lap perak sampai kering dan noda hilang.

4. Bersihkan dan hapus kabut pada kacamata

Salah satu contoh kacamata berkabut sering dialami ketika pengguna kacamata sedang menggunakan masker. Kacamata yang berkabut sering menjadi masalah bagi para pengguna kacamata. Cara mencegah agar kacamata tidak berkabut lagi adalah dengan memanfaatkan potongan kentang mentah. Gosok lensa kacamata dengan bagian potongan kentang mentah dan pati dari kentang. Hal ini akan membantu mengurangi penumpukan kabut pada kacamata.

5. Bersihkan pecahan kaca

Saat memecahkan kaca piring atau gelas, serpihan kaca berukuran besar hingga kecil akan bertebaran. Cara membersihkannya kamu bisa menyapu serpihan kaca tersebut. Namun terkadang serpihan kaca yang kecil hampir tidak terlihat, sehingga bisa saja serpihan ini masih tertinggal. Cara tepat untuk membersihkan serpihan kaca yang kecil bisa manfaatkan potongan kentang mentah. Caranya ambil kentang mentah lalu potong menjadi dua. Kemudian gunakan bagian kentang yang dipotong untuk menyisir area tempat kaca pecah. Serpihan kaca akan menempel di kentang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Kentang di Dapur, Bisa Bersihkan Alat Masak dan Makan Mahal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/03/114700175/5-manfaat-kentang-di-dapur-bisa-bersihkan-alat-masak-dan-makan-mahal?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm