Ilustrasi
Ilustrasi ( indopos.co.id)

Cara Membuat Cake Kopi, Kue Klasik Yang Mudah Dibuat Untuk Pemula

4 Oktober 2020 11:27 WIB

SonoraBangka.id - Selain dikreasikan menjadi aneka minuman, kopi juga bisa dikreasikan menjadi kue, seperti cake kopi. Cake kopi termasuk ke dalam jenis resep kue klasik yang gampang dibuat untuk pemula.Resep cake kopi ini ideal untuk disajikan sebagai camilan sore, kue ulang tahun atau teman minum kopi saat pagi hari. Kamu jusag bisa menambahkan olesan icing, taburan kenari. cokelat, atau ceri sesuai selera. Resep lengkap Cake Kopi ala BBC Good Food lengkapnya ada di bawah ini.

Cake Kopi

Bahan:

  • 170 gr mentega atau margarin, ditambah ekstra untuk olesan loyang
  • 170 gr gula kastor
  • 3 butir telur besar
  • 170g tepung terigu
  • 1 ½ sdt baking powder
  • 1 sdm kopi instan, larutkan dengan1 sdm air panas

Bahan Icing:

  • 225 gr gula halus
  • 100 gr mentega atau margarin
  • 1½ sdm kopi instan, larutkan dengan
  • 1 sdm air panas selai stroberi (opsional)
  • kenari atau ceri, untuk menghias (opsional)

Cara membuat cake kopi:

  1. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celcius sampai 140 derajat Celcius. Siapkan pula loyang diameter 18 cm sebanyak dua buah, olesi dengan margarin.
  2. Masukan gula dan mentega ke dalam mangkuk dan aduk sampai sangat lembut dan pucat.
  3. Kocok lepas telur, lalu tambahkan secara bertahap ke dalam adonan mentega bergantian dengan satu sendok makan tepung. Saat telur telah sepenuhnya tercampur ke dalam adonan, tambahkan sisa tepung dan baking powder dan aduk perlahan.
  4. Tambahkan kopi yang sudah dilarutkan ke dalam adonan, aduk perlahan.
  5. Masukan adonan ke dalam loyang dan masak selama 25-30 menit sampai mengembang, untuk mengecek kematangannya tusuk dengan tusukan sate. Jika adonan kue tidak menempel di tusukan sate tandanya kue sudah matang. Angkat dan biarkan dingin di dalam loyang selama 5 menit, lalu keluarkan di rak kawat hingga benar-benar dingin. Bisa dibekukan pada tahap ini.
  6. Sementara itu buat icing dengan cara mengocok icing sugar bersama mentega hingga ringan dan mengembang. Tambahkan kopi yang sudah dilarutkan. Kocok, lalu tutup dan sisihkan hingga kue siap menjadi es.
  7. Oleskan setengah lapisan icing di bagian bawah salah satu kue dan oleskan selai stroberi di bagian bawah kue lainnya. Tumpuk kue, lalu oleskan sisa icing di atasnya. Hiasi dengan kenari atau ceri sesuai selera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Cake Kopi, Teman Minum Kopi dan Teh ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/03/161100175/resep-cake-kopi-teman-minum-kopi-dan-teh?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm