Ilustrasi penelitian pengembangan vaksin Covid-19 di laboratorium.
Ilustrasi penelitian pengembangan vaksin Covid-19 di laboratorium. ( Ist/ Kompas.com)

Dexamethasone Diklaim Efektif Obati Pasien Covid-19, Ini Penjelasannya

5 Oktober 2020 10:01 WIB

SonoraBangka.ID - Berbagai negara terus menggalakan upaya pencarian obat dan vaksin untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Belakangan ini, santer terdengar bahwa dexamethasone (deksametason) diklaim mampu bekerja secara efektif untuk melawan virus corona.

Bahkan, Ilmuan Inggris menyebut dexamethasone sebagai terobosan besar dalam perang melawan Covid-19.

Keefektifan dexamethasone terungkap setelah tim dari Universitas Oxford melakukan uji coba kepada ribuan pasien di rumah sakit terkait penggunaan dexamethasone, Selasa (16/6/2020).

Temuan mereka menunjukkan hasil bahwa obat tersebut sukses mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah.

Lalu, sebenarnya apa manfaat dan fungsi dari deksametason ini?

Ketua Departemen Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Wawaimuli Arozal, M Biomed, PhD mengungkapkan, deksametason merupakan obat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang tergolong obat keras.

"Deksametason termasuk obat keras golongan kortikosteroid sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan," kata Wawaimuli dilansir dari Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Menurutnya, penggunaan obat ini umumnya digunakan untuk pasien dengan keluhan adanya indikasi pada cedera kepala berat, peradangan yang hebat, dan penyakit otoimun.

Terkait penggunaan deksametason, Wawaimuli mengungkapkan, dosis sehari penggunaan tergantung dengan indikasi.

"Biasanya dua kali 0,5 mg tablet. Kalau suntikan beda lagi, tergantung berat ringannya penyakit," imbuhnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm