Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Bagaimana Cara Mendidik Anak Angkat ? Simak Cara Tepatnya Disini

9 Oktober 2020 08:33 WIB

SonoraBangka.id - Ada beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan dalam mendidik anak jika kita mengangkat anak ke dalam rumah tangga.

Karena, mau bagaimana pun juga, agar menjadi orang yang bermanfaat di masa depan, anak tersebut harus mendapatkan pendidikan di rumah dan di sekolah.

Terkadang memang cukup membingungkan ketika anak tersebut datang sudah pada usia remaja sehingga anak sudah melekat dengan didikan orangtua biologisnya yang belum tentu sama dengan didikan Anda.

Namun, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), menyarankan untuk melakukan diskusi dengan anak tersebut jika hal ini terjadi.

Dalam acara kampanye Nivea #PSILOVEMAMA di Jakarta, Selasa (22/11/2016), Vera mengatakan bahwa lebih banyak diskusi dan negosisasi akan lebih baik jika sudah remaja, karena anak tersebut sudah membawa nilai-nilai yang dulu dengan orangtuanya jadi nggak bisa sepihak lagi.

Vera juga memberikan contoh, ketika memberikan mereka jam pulang malam, tentukan waktunya melalui diskusi bersama anak.

“Jadi memang ada situasi khusus yang membuat dia tidak menjadi dipaksakan sepihak, apalagi jika sudah remaja,” tambahnya.

Hal tersebut tentunya tidak mustahil untuk dilakukan, walaupun mengangkat anak yang berusia remaja memang lebih sulit dari pada mengurus anak tersebut dari kecil.

Karena, seperti yang diungkapkan Vera, jika anak masih berusia lima tahun mungkin masih bisa dididik sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, sebaiknya perbanyak diskusi dan negosiasi, jika anak tersebut sudah duduk di bangku sekolah dasar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak Cara Tepat Mendidik Anak Angkat", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2016/11/30/170600120/simak.cara.tepat.mendidik.anak.angkat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm