Ilustrasi rebus spageti dalam air mendidih.
Ilustrasi rebus spageti dalam air mendidih. ( SHUTTERSTOCK/CKP1001)

Agar Tidak Saling Menempel, Berikut 5 Cara Tepat Masak Spageti

12 Oktober 2020 11:15 WIB

SonoraBangka.id - Agar tidak saling menempel, maka cara merebus spageti harus dilakukan dengan benar. Spageti terbuat dari tepung gandum, patinya bisa luntur ketika direbus. Sehingga lapisan pati yang lengket itu membuat spageti saling menempel. Berikut cara tepat masak spageti agar tidak menempel yang dilansir dari Eat This dan Insider 

1. Pastikan air mendidih

Pastikan air untuk merebus harus benar-benar mendidih sebelum memasukan spageti. Spageti yang terendam di air kurang panas akan kenyal dan menggumpal. Ketika kamu menambahkan spageti ke dalam air mendidih, suhu air akan turun. Jadi jika spageti dimasukkan sebelum air mendidih, maka air akan menjadi hangat dan lambat mendidih.

2. Aduk terus selama 2 menit pertama

Selama dua menit pertama sejak kamu memasukkan spageti ke dalam air mendidih,spageti akan penuh dengan lapisan pati yang lengket. Jika spageti tidak diaduk secara terus menerus selama dua menit pertama, maka akan saling menempel hingga matang. Jadi kamu kamu harus sering mengaduk pasta saat memasaknya. Mengaduk pasta selama memasak akan mencegah pasta mengendap di satu tempat dan menempel.

3. Jangan beri minyak ke spageti sebelum diolah dengan saus

Menambahkan minyak setelah merebus akan membuat pasta tidak terlalu lengket, tetapi membuat pasta sangat licin. Sehingga saat kamu menambahkan saus ke dalamnya, saus akan langsung meluncur dan tidak menyatu dengan spageti. Namun, jika kamu berencana untuk makan spageti dengan mentega atau hanya dengan minyak zaitun, tambahkan minyak ke air mendidih saat merebusnya.

4. Bilas spageti yang sudah matang dengan air

Sebaiknya bilas setelah matang dengan air dingin, jika kamu berencana untuk langsung menyimpan spageti setelah direbus. Cara ini dapat menghilangkan pati yang menjadi penyebab pasta lengket. Setelahnya, pasta dapat disimpan dalam wadah dan ditaruh di kulkas.

5. Pastikan jumlah air cukup untuk merebus

Ada satu hal yang juga dapat dilakukan jika spageti masih lengket bahkan setelah sering diaduk yaitu memastikan jumlah air cukup untuk merebus. Alasan spageti menempel adalah karena ada pati yang dilepaskan ke dalam air saat dimasak. Jika jumlah air rebusan cukup, maka konsentrasi pati yang terlepas di dalam air akan cukup rendah sehingga risiko lengket juga kecil. Rasionya rata-rata 4 liter air dengan 450 gram spageti kering. Jika kamu memasak dengan panci kecil dan menggunakan lebih sedikit air, aduk lebih sering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Spageti Agar Tidak Lengket, Pastikan Pakai Air Mendidih", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/12/101600675/cara-masak-spageti-agar-tidak-lengket-pastikan-pakai-air-mendidih?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm