Ilustrasi keluarga bahagia
Ilustrasi keluarga bahagia ( imtmphoto )

Yuk Ciptakan Memori Bahagia Pada Anak Dengan Cara Berrikut Ini

12 Oktober 2020 15:59 WIB

SonoraBangka.id - Setiap orang pasti menginginkan punya kenangan manis tentang kehidupan.

Tak terkecuali sebagai orangtua yang juga menginginkan memori/ kenangan masa kecil yang indah bagi anak-anaknya.

Setidaknya memori bahagia tersebut kelak lebih diingat ketimbang memori buruknya, walaupun memang tidak ada yang sempurna dalam hidup

Menurut studi oleh American Psychological Association pada 2018, orang-orang yang memiliki memori indah di masa anak-anak dan punya hubungan baik dengan orangtuanya cenderung lebih sehat dan bahagia ketika dewasa.

Pengalaman traumatis selama masa anak-anak bisa membawa dampak sebaliknya ketika anak dewasa, seperti peningkatan risiko kecanduan, masalah kesehatan mental, trauma saat dewasa, serta kondisi yang mengancam kesehatan.

 Hal itu berdasarkan hasil studi dari CDC-Kaiser Permanente Adverse Childhoof Experience (ACE).

Jadi, apa yang bisa dilakukan orangtua untuk menciptakan memori indah bagi anak?

Terapis spesialis perawatan trauma, Reaca Pearl, MA, LPC, RYT, mengatakan, memberikan anak memori indah di masa kecilnya sangat lah penting.

Usahakan untuk memberi memori yang indah terhadap anak, mulai dari ia lahir hingga berusia 6 tahun.

Ibarat sebuah rumah, usahakan fondasi anak solid.

Artinya, penuhilah kebutuhannya seperti makanan, tempat tinggal, banyak pelukan, cinta, perhatian orangtua, dan lainnya.

Diungkapkan Pearl, bahwa anak belajar seberapa sering kebutuhan mereka dipenuhi dan mereka mulai mempelajari apakah dunia aman.

Anak akan memiliki stabilitas, jika fondasi tersebut juga solid.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm