Ilustrasi
Ilustrasi ( selerasa.com)

Tak Perlu Gunakan Oven, Berikut Ini Cara Membuat Kue Lumpur Kentang

14 Oktober 2020 11:20 WIB

SonoraBangka.id - Kue lumpur merupakan jajanan pasar yang bisa kamu buat di rumah, tidak perlu oven. memiliki rasa manis dan teksturnya lumer di mulut. Kue lumpur kentang adalah salah satu varian kue lumpur yang sering digemari. Kue ini cocok menjadi pendamping minum teh saat pagi atau siang hari. Kue lumpur kentang terbuat dari beberapa bahan sederhana yaitu telur, terigu, kentang, santan kental, mentega, dan lain-lain. Dalam buku "30 Resep Jajan Pasar Ala Master Kue Tradisional" (2020) By Lanny Rustan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama memaparkan resep dari kue lumpur kentang.  

Resep Kue Lumpur Kentang

Bahan 1:

  • 5 butir kuning telur
  • 2 butir putih telur
  • 150 gram gula pasir

Bahan 2:

  • 160 gram terigu
  • 300 gram kentang kukus yang dihaluskan

Bahan 3:

  • 500 cc santan kental yang sudah dimasak
  • 1 sdm mentega dicairkan

Bahan 4:

  • Daging kelapa muda secukupnya
  • Kismis secukupnya

Cara membuat kue lumpur kentang:

  1. Pertama campurkan bahan satu yaitu kuning telur, putih telur, dan gula pasir. Aduk sampai rata dengan whisk.
  2. Masukkan tepung, aduk sampai rata lalu masukkan kentang kukus yang sudah dihaluskan dan aduk kembali sampai rata.
  3. Kemudian jika sudah masukkan santan kental dan mentega cair, aduk rata semua bahan lalu saring agar tekstur kue lumpur lembut dan halus.
  4. Setelah itu masukkan bahan empat, yaitu daging kelapa muda yang sudah dipotong-potong, kemudian masak dengan snack maker, jika tidak ada bisa pakai teflon kecil. Kalau sudah setengah matang beri kismis di bagian atasnya. Kue lumpur kentang siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Kue Lumpur Kentang, Masak di Kompor Pakai Snack Maker ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/05/211200775/resep-kue-lumpur-kentang-masak-di-kompor-pakai-snack-maker-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm