Ilustrasi alat bengkel ban mobil (KOMPAS.com/Gilang)
Ilustrasi alat bengkel ban mobil (KOMPAS.com/Gilang) ( kompas.com)

Inilah 3 Faktor Penyebab Kerusakan Ban Mobil, Salah Satunya Kurang Tekanan Udara

18 Oktober 2020 20:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Ban merupakan komponen yang sangat vital pada kendaraan bermotor, tidak hanya roda dua tetapi juga roda empat.

Tetapi, untuk mobil ada sedikit perlakuan yang berbeda untuk menjaga agar ban tetap dalam kondisi prima dan siap ketika digunakan.

Sebagaimana komponen yang lainnya pada kendaraan, ban juga membutuhkan perawatan secara berkala.

Perawatan secara rutin wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat digunakan, seperti pecah ban.

Bagi pemilik mobil sebaiknya mengetahui sejumlah faktor yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada karet pembungkus pelek ini.

Zulpata Zainal sebagai On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, perawatan pada ban bisa memperpanjang usia pemakaiannya.

“Dengan begitu maka bisa menghemat pengeluaran, karena tidak perlu sering membeli ban,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Setidaknya ada tiga faktor yang bisa menyebabkan kerusakan ban

1. Kurang tekanan udara

Mungkin tidak sedikit pemilik mobil yang mengabaikan kondisi tekanan udara ban. Bahkan tidak jarang yang nekat mengendarai mobil dalam kondisi ban kempis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm