Usus Ayam
Usus Ayam ( sajiansedap.grid.id )

Agar Bersih Dan Tidak Bau, Berikut Ini Tips Mengolah Usus Ayam

19 Oktober 2020 11:50 WIB

SonoraBangka.id - Bagi sebagian orang, mengolah usus ayam mungkin sedikit menantang. Jika tak bersih atau menggunakan bahan yang tepat, maka jeroan bisa berbau menyengat. Dalam mengolah jeroan memang harus hati-hati. Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar usus ayam bisa bersih dan tidak bau. Berikut tipsnya dari Chef Agung Budiharto dari The Grove Suites by Grand Aston.

Pakai jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis atau cuka ini berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap pada usus.  “Segera setelah membelinya, lumuri usus dengan air jeruk nipis. Jika tidak ada, bisa juga diganti dengan cuka,” kata Chef Agung ketika dihubungi Kompas.com.

Kopi dan kapur sirih

Kamu juga bisa mencuci usus dengan menggunakan kapur sirih untuk membuat usus lebih bersih. Cukup lumuri usus dengan kapur sirih lalu dibilas dengan air. Sebagian besar orang juga menggunakan kopi untuk mencuci jeroan salah satunya usus. Namun menurut Chef Agung, lebih baik menggunakan kapur sirih saja karena nantinya usus berpotensi berubah warna jadi kecoklatan akibat bubuk kopi.

Rebus dengan rempah

Setelah dicuci bersih, saatnya merebus jeroan. Ketika merebus ada baiknya kamu merebus usus bersamaan dengan rempah-rempah seperti daun salam, jahe, dan lengkuas. “Ini semua proses pembersihan usus sebelum diolah agar tidak berbau amis dan juga membuat rasa usus enak ketika dimasak,” pungkas Chef Agung. Setelah dibersihkan dan direbus, kamu bisa mengolah usus jadi aneka sajian. Bisa digoreng kering, dijadikan sate, atau ditumis dengan bumbu pedas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Olah Usus Ayam agar Bersih dan Tidak Bau", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/18/090900675/tips-olah-usus-ayam-agar-bersih-dan-tidak-bau.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm