Salah satu menu makanan di Nasi Kapau Langganan.
Salah satu menu makanan di Nasi Kapau Langganan. ( Nasi Kapau Langganan)

Berikut 3 Perbedaan Mendasar Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang

24 Oktober 2020 11:29 WIB

SonoraBangka.id - Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang punya beberapa perbedaan mendasar walaupun sama-sama dari Sumatera Barat. Penulis buku Rendang Traveler dan Rendang: Minang Legacy to the World Reno Andam Suri, menjelaskannya dalam sesi webinar “Selintas Perjalanan Rantau: Lapau Nagari Kapau” yang diselenggarakan Aksara Pangan.

1. Tata letak makanan

Perbedaan pertama terletak pada tata letak makanan. Di rumah makan padang, para pedagang menata lauk-lauk ditumpuk ke atas di etalase kaca. Sementara di lapau nasi kapau, para pedagang menata makanan secara bertingkat di meja lebar yang diletakka di depan. “Kalau di rumah makan padang, etalase yang di sebelah atas itu adalah lauk pauk kering. Kemudian yang berkuah adanya di sebelah bawah. Kalau kita pergi ke penjual nasi kapau, justru yang berkuah itu ada di depan,” papar Reno. Di lapau nasi kapau para pedagang akan berposisi di belakang wadah makanan, di seberang pembeli. Pedagang kemudian akan menggunakan sendok panjang untuk mengambil makanan berkuah yang ada di hadapan pembeli karena jauh dari jangkauannya.

“Bisa sampai dua tray jarak si uni (pedagang) dan kuahnya. Biasanya rah itu bertingkat. Ada yang tingkatnya cuman satu, ada juga yang tingkatnya dua,” tutur Reno. Salah satu tujuan peletakkan makanan yang lebih rendah di hadapan pedagang adalah agar pembeli bisa dengan mudah memilih lauk. Lauk akan terlihat sejajar dengan pembeli, sehingga pembeli lebih mudah melihat pilihan lauk. Berbeda dengan rumah makan padang di mana kamu harus agak menengadah karena penataannnya bertumpuk ke atas.

2. Cara pemesanan makanan

Perbedaan kedua adalah cara memesan makanan yang berbeda. Jika datang ke rumah makan padang, biasanya pembeli akan duduk dahulu. Setelah itu akan ada pelayan datang ke meja bersama tumpukan piring kecil di tangan. Sementara di lapau nasi kapau, pelanggan datang lalu langsung memilih makanan dan memesan pada pedagang. Kemudian lauk diambil langsung dan ditata pada nasi. Seperti nasi ramesan. “Paket starter pack-nya itu biasanya adalah nasi dan pasti ada kuahnya. Kemudian kita tinggal pilih apa yang kita mau,” terang Reno.

3. Jenis makanan

Terakhir adalah jenis-jenis makanannya. Ada beberapa lauk yang hanya bisa kamu temukan di lapau nasi kapau. Misalnya adalah gulai tambusu, rendang daka-daka, dendeng balado, ikan mas bertelur, dan gulai kapau.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Lapau Nasi Kapau dan Rumah Makan Padang?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/24/102446375/apa-bedanya-lapau-nasi-kapau-dan-rumah-makan-padang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm