Ketua KNPI Kabupaten Bangka, Ismir Rachmaddinianto
Ketua KNPI Kabupaten Bangka, Ismir Rachmaddinianto ( Bangkapos.com/ Ramandha)

Peringati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Bangka Gelar Rembuk Gunung Maras

28 Oktober 2020 13:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92, yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, DPD KNPI Kabupaten Bangka menggelar sejumlah kegiatan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka, Ismir Rachmaddinianto mengatakan, pihaknya juga telah menggelar kegiatan Rembuk Gunung Maras beberapa waktu lalu yang merupakan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ini.

"Kita pendakian, beserta pengibaran bendera Merah Putih serta deklarasi seluruh perwakilan pencinta alam dan bersama pihak DPD KNPI Provinsi Babel terkait larangan-larangan ataupun pantangan pendakian Gunung Maras," jelasnya kepada Bangka Pos, Selasa (27/10/2020).

 

Menurutnya, pantangan tersebut ditujukan untuk para pendaki yang akan melakukan pendakian agar dapat selalu memerhatikan keselamatan dirinya maupun rombongan.

Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk antisipasi dari pihaknya, mengingat pernah terjadinya kasus orang hilang di Bukit Maras.

Ia menyebutkan, masyarakat juga diharapkan tidak melanggar pantangan ketika mendaki di Gunung Maras. Sehingga, bisa melakukan pendakian dengan baik dan aman.

"Kan pernah juga ada masyarakat yang tersesat. Kita tidak ingin hal tersebut terjadi lagi. Jadi, deklarasi ini juga dimaksudkan agar masyarakat dapat mentaati aturan dan pantangan di sana," ungkapnya.

Selain itu, juga dilakukan penghijauan dan pemasangan tiang bendera di sekitar puncak Gunung Maras tersebut.

Ismir mengungkapkan, pemasangan tiang dimaksudkan untuk mengurangi niat penebangan pohon.

Dikatakannya, penebangan pohon sering dilakukan para pendaki ketika ingin mendirikan tiang untuk memasang bendera. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif mendirikan tiang permanen di puncak gunung.

"Rabu ini juga akan diadakan Subuh berjamaah di graha KNPI, disertai dialog kepemudaan serta zoom meeting secara nasional. Zoom itu, pertemuan akbar daring, hingga ke pengurus kecamatan, yang mana kita menjadi tuan rumah pelaksanaan zoom itu," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Sambut Hari Sumpah Pemuda, KNPI Bangka Gelar Rembuk Gunung Maras

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm