Ilustrasi bakso ikan.
Ilustrasi bakso ikan. ( Dok. Shutterstock/ Romix Image)

Berikut Ini 6 Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal Tanpa Bahan Kimia

3 November 2020 11:07 WIB

SonoraBangka.id - Bahan pengenyal tambahan yang umum dipakai untuk membuat bakso adalah poly powder. Namun, mencari poly powder bisa dibilang tak mudah. Tidak semua supermarket atau pasar tradisional menjual pengenyal bakso. Kamu bisa mempraktekan enam tips berikut bagi kamu yang ingin membuat bakso ikan kenyal di rumah. Cara membuat bakso ikan kenyal tanpa bahan pengenyal kimiawi ini dari Sajian Sedap:

1. Penting, pilih ikan segar

Dalam membuat bakso ikan hal pertama yang dilakukan adalah memilih bahan bakunya. Kualitas dagingnya ikan yang segar juga berpengaruh, bakso ikan bisa kenyal tanpa pengenyal tambahan. Ikan yang tepat untuk dibuat bakso ikan adalah ikan tenggiri atau ikan kakap. Selain itu kamu juga bisa memilih ikan dengan tekstur daging yang agak liat. Hal ini agar bakso memiliki tekstur lengket.

2. Sebelum diolah, masukkan ikan ke freezer

Banyak orang yang menggunakan es batu saat mencampur ikan dengan sagu. Penggunaan daging ikan yang dingin akan menghasilkan bakso ikan yang kenyal.

3. Giling daging ikan

Menggiling daging adalah proses penting dalam membuat bakso. Kamu dapat memanfaatkan blender atau food processor untuk menggiling adonan ikan, tepung sagu, dan aneka bumbu lainnya sampai kalis (tidak menempel di dinding alat giling). 

4. Banting adonan

Proses pembantingan ini membantu menghasilkan bakso ikan yang kenyal. Tips yang paling penting, Setelah semua bahan utama dicampur, uleni adonan bakso ikan sambil dibanting-banting. Banting dalam keadaan dingin agar hasilnya menyatu.

5. Gunakan telur untuk bahan perekat

Kamu bisa menggunakan telur utuh atau putih telur saja. Telur utuh menghasilkan bakso ikan yang empuk. Sementara penggunaan putih telur cenderung akan menghasilkan bakso ikan yang lebih kenyal.

6. Tahu kapan Sagu Harus Masuk

Prinsipnya, tepung sagu baru boleh masuk ke dalam adonan bakso ikan setelah bakso ikan selesai diuleni. Sebab, setelah sagu masuk, bakso ikan tidak boleh lagi diuleni terlalu parah. Cukup aduk asal rata saja secapa perlahan. Jika adonan masih dibanting setelah masuk tepung sagu, bakso ikan akan jadi keras.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal Tanpa Bahan Kimia Tambahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/02/210300475/6-cara-membuat-bakso-ikan-kenyal-tanpa-bahan-kimia-tambahan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm