PakaianKoe: A Journey to Java dari Lakon Indonesia
PakaianKoe: A Journey to Java dari Lakon Indonesia ( Lakon Indonesia)

Inilah Upaya Lakon Agar Tidak Lupa Budaya Bangsa Dengan " PakaianKoe "

15 November 2020 14:01 WIB

SonoraBangka.id - Sebagai warga Indonesia,sebaikya kita tidak lupa bahwa Idonesia ini memiliki banyak budaya.

Budaya yang kita miliki diantaranya tercermin dari pakaian yang dikenakan penduduknya.

Nah, untuk menjaga agar budaya itu tidak hilang, maka lahirlah Lakon, brand fesyen yang berujuan menggerakkan kerajinan lokal seperti batik dan tekstil lain dari Nusantara.

Lakon berusaha menggali dan merangkai kembali nilai yang pernah menjadi dasar dan kebanggaan Indonesia, dan mengembalikannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam berbusana.

Koleksi PakaianKoe diluncurkan sebagai penanda dimulainya Lakon Indonesia bergerak ke arah tekstil tradisional.

Koleksi pertama yang bertajuk A Journey to Java ini menceritakan sebuah perjalanan dalam usaha pelestarian budaya.

Sesuai dengan judulnya, PakaianKoe adalah sebuah presentasi dari apa yang dilakukan oleh Lakon Indonesia bersama dengan para pengrajin, khususnya di daerah Jawa.

Selama lebih dari 1 tahun ini Lakon Indonesia tidak hanya membina tetapi juga mengajak para pengrajin, untuk bekerja sama secara profesional, dengan tujuan untuk menggerakan roda perekonomian mereka.

"Disini, kami mengingatkan kembali mengenai prinsip-prinsip dasar budaya dan tradisi yang sudah mereka wariskan secara turun menurun, yang merupakan kekuatan dari karya mereka," demikian disampaikan Thresia Maretha, pendiri Lakon dalam siaran pers.

Lakon juga membantu pengrajin mengeksplorasi berbagai macam material seperti katun, denim kanvas, voile, taffeta, tile, dan chiffon sebagai material dasar batik dan jumputan, yang hasilnya digunakan di dalam koleksi PakaianKoe.

Maretha juga mengatakan, bahwa mereka juga membantu untuk membuat perubahan-perubahan secara teknikal, mengajarkan cara kerja dan cara pembuatan yang lebih benar sehingga kematangan karya mereka dapat berkembang dengan lebih baik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm